Pemerintah Kota Medan mengharapkan Forum Pusat Pengembangan Keahlian atau Skill Development Center (SDC)  periode 2021-2024 yang baru dikukuhkan bisa menekan angka pengangguran di Kota Medan.

"Konsep SDC hadir sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, dan menekan angka pengangguran di Kota Medan," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Medan, Khairul Syahnan di Medan, Rabu (24/11) 

Sektor ketenagakerjaan, lanjut dia, merupakan salah satu terdampak pandemi COVID-19, sehingga menyebabkan pengangguran menjadi masalah lintas sektoral.

Baca juga: Bima Arya kukuhkan Boby Nasution jadi Ketua Komwil I APEKSI

Untuk mengatasi hal itu harus dilakukan kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan lainnya, dan SDC Kota Medan merupakan salah satu solusinya.

Berdasarkan data Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan hingga akhir Desember 2020 tercatat sebanyak 121.823 orang jumlah pengangguran terbuka di Kota Medan.

"Pelatihan yang bersertifikasi kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja di setiap daerah, merupakan cara cepat dalam menjawab kebutuhan tenaga kerja yang terampil," kata Khairul.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Hanna Lore Simanjuntak, mengaku mereka yang tergabung di Forum SDC Kota Medan, di antaranya akademisi, lembaga pelatihan dan dunia usaha.

"Forum SDC ini sebagai wadah koordinasi dan kolaborasi bersama pemerintah daerah mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di Kota Medan," ujar Hana di pengukuhan Forum SDC Kota Medan 2021-2024 di Medan, Selasa (23/11).

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021