Acara launching buku Autobiografi Bakhtiar Ahmad Sibarani yang berjulul “Politisi Muda Dari Barus” berlangsung suskes dan meriah. Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasuiton, SE, MM, hadir langsung menyaksikan peluncuran buku setebal 274 halaman itu.

Bobby Nasution yang merupakan menantu Presiden Joko Widodo, didaulat menyampaikan sambutan dalam peluncuran buku yang digelar di Gedung Serbaguna Pandan, Selasa, (2/11) malam.

Dalam sambutannya, Bobby Nasution menyampaikan selamat atas peluncuran buku Bakhtiar Ahmad Sibarani yang merupakan abang, guru, dan juga orangtua baginya. Menurut Boby, banyak sekali dari buku "Politisi Muda Dari Barus" yang sangat menginspirasinya.

Baca juga: Bupati buka seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Tapteng

“Bapak Bupati ini adalah Bupati muda yang dapat menginspirasi. Kami masih banyak butuh masukan dalam menjalankan roda pemerintahan. Kami masih butuh banyak masukan dari Pak Bupati Tapanuli Tengah termasuk dalam pemikiran, karena dalam mencetuskan Kolaborasi Medan Berkah sewaktu kami mencalon Wali Kota Medan, juga inspirasi yang diberikan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Beliau mengatakan kepada kami, kalau kita menjadi pemimpin, jangan mau diintervensi oleh siapapun, cuma satu yang bisa mengintervensi kita dalam suatu daerah, yaitu intervensi dari hati untuk membangun daerah,” pungkasnya seraya mengajak agar membaca buku “Politis Muda Dari Barus” yang dalam buku itu ada kata pengantar langsung dari Presiden RI Joko Widodo.

Sementara itu Bupati Tapanuli Selatan, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu dalam sambutannya, mengaku bangga dan juga banyak belajar dari sosok Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani. Dengan kehadiran buku itu, Dolly berkeyakinan akan muncul politisi-politisi muda yang handal dari Tapanuli Tengah, mengikuti jejak dari Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani.
 
Acara launching Buku Autobiograsi Bakhtiar Ahmad Sibarani "Politisi Muda Dari Barus" yang diawali dengan doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Tapteng yang didampingi Ketua BKAG Tapanuli Tengah, para rohaniwan Islam dan Kristen. (ANTARA/Jason)


Hal serupa juga turut disampaikan Wali Kota Sibolga, H Jamaluddin Pohan. Di mana kebersamaan mereka dengan Bupati Bakhtiar Sibarani sewaktu masih sama-sama anggota DPRD Tapteng, menjadi pengalaman yang luar biasa.

“Walaupun Pak Bupati kita ini masih junior di umur, tetapi senior dalam politik. Luar biasa capaian beliau dalam berpolitik dan juga dalam membangun Tapanuli Tengah ini. Kekompakan antara pemimpin Sibolga dan Tapanuli Tengah harus selalu terjalin, karena kedua daerah ini bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Selamat Pak Bupati atas peluncuran buku yang luar biasa ini,” sambut Jamal.

Atas ucapan selamat serta dukungan yang disampaikan para kepala daerah, Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan rasa hormat dan bangga atas kehadiran mereka. Dia menegaskan, dalam buku Autobiografi yang diluncurkan malam itu, berisikan sejarah dirinya mulai sejak lahir sampai menjadi Bupati Tapanuli Tengah.

“Dalam buku ini saya tuliskan, bukan harus dari anak orang kaya baru bisa menjadi orang kaya, anak orang miskipun bisa menjadi orang kaya. Demikian juga dalam hal memimpin, anak orang biasa pun bisa menjadi pemimpin bahkan memimpin bangsa ini. Sekali lagi, terima kasih atas dukungan dan kehadirannya dalam acara launching buku kami ini. Memang tidak seberapa buku ini, tetapi kami berharap dengan kehadiran buku ini dapat menambah semangat dan motivasi kita untuk tetap semangat dalam berkarya dan meraih cita-cita,” tegas Bakhtiar.

Ia pun tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kehadiran sahabat dan adiknya-nya Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution. Menurutnya, Bobby adalah sosok muda pemimpin masa depan yang bisa membawa perubahanan dan kemajuan di Provinsi Sumatera Utara.

Acara launching buku ini pun ditandai dengan penekanan tombol dan pemberian buku secara simbolis kepada dua orang guru Bakhtiar Ahmad Sibarani sewaktu SD dan SMP, yaitu, Ratna Dewi Hasibuan, M.Pd, (Kepala Sekolah SMPN 1 Barus), dan Asna Nababan (Guru SD MIN 7). Buku ini juga turut dibagikan kepada para tamu dan undangan yang hadir malam itu.
 
Bupapti Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama dengan istri dan anaknya didampingi penulis Siti Rahma saat menekan tombol Launching Buku Autobiograsi Bakhtiar Ahmad Sibarani "Politisi Muda Dari Barus", Selasa (2/11) di Gedung Serbaguna Pandan, Tapanuli Tengah. (ANTARA/Jason)


Sebelum acara peluncuran buku yang ditulis oleh Siti Rahman yang merupakan teman satu sekolah Bakhtiar, capaian pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah di bawah pimpinan  Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Darwin Sitompul turut ditampilkan. Di mana dalam video capaian pembangunan itu, infrastruktur jalan di Tapteng telah dibangun mulai dari desa sampai ke kota sepanjang 243,90 KM. Pembangunan Rumah Tidak Layah Huni (RTLH) sebanyak 857 unit, Pemberian bantuan kepada masyarakat, pembangunan rumah ibadah seperti masjid dan gereja, pemberian beasiswa kepada anak-anak yang tidak mampu, bantuan kesehatan, dan masih banyak bantuan sosial lainnya.

Dalam acara ini juga, para tokoh agama, mulai dari Ketua MUI Tapanuli Tengah, Ketua BKAG Tapanuli Tengah, Praises HKBP Distrik IX, Praises HKI, Praises BNKP, Perwakilan Pimpinan Gereja Kharismatik, Pimpinan Daerah NU, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Al-Wasliyah, FKUB, Bamagnas, Para Ketua BKGA dari masing-masing Kecamatan, perwakilan Pimpinan Wilayah GKPI Sibolga-Tapteng, Pengurus PGI Wilayah Sibolga-Tapteng, Pengurus GAMKI Tapanuli Tengah, Pengurus Gereja GBI, dan para ketua organisasi keagamaan dan rohaniwan berdoa bersama utuk kesuksesan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Acara yang berlangsung sukses ini juga turut dihadiri Danrem 023/KS, Kol Inf Febriel Buyung Sikumbang, Wakil Bupati Tapanuli Tengah yang juga Ketua GAMKI Sumut terpilih Darwin Sitompul, Wakil Wali Kota Sibolga, Pantas Lumbantobing, Pengurus HIPMI Sumatera Utara, Dandim 0211/TT Letkol Czi Mangatas Pandapotan Sibuea, Kapolres Tapteng, AKBP Jimmy Chiristian, Kajari Sibolga, Irvan Paham PD Samosir, Dandenpom1/2 Sibolga, Lanal Sibolga, Radar 234/Sibolga, Rektor Dharma Agung, Ketua DPRD Tapteng, Ketua DPRD Sibolga, Wakil Ketua DPRD Tapteng dan anggota, Anggota DPRD Sibolga dan pimpinan OPD, Sekratris Daerah Tapteng Yetty Sembiring yang juga Ketua Panitia Acara, Sekda Kota Sibolga, dan para undangan lainnya.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021