Revitalisasi Lapangan Merdeka tidak akan menghilangkan bentuk asli. Justru revitalisasi akan mempertahankan karakteristik yang sudah ada.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatkan dirinya ingin mempertahankan kelestarian pohon-pohon trambesi yang sudah ada sejak zaman Belanda.
 
"Fungsi dan karakter lapangan yang dulunya bernama de Esplanade sebagai ruang terbuka kota bersejarah akan tetap dipertahankan," katanya, Senin (1/11).

Revitalisasi, menurut dia, juga akan dilakukannya sejalan atau terintegrasi dengan pembenahan kawasan bersejarah Kesawan.



Dijelaskannya Lapangan Merdeka Medan nantinya akan kita buat menjadi ruang terbuka hijau (RTH) untuk menampung segala kegiatan masyarakat di dalamnya, serta sebagai cagar budaya.

Baca juga: Pemkot: pembangunan di Medan Utara dilakukan bertahap

Ia menekankan rencana revitalisasi Lapangan Merdeka Medan tengah dipersiapkan dengan matang. Selain kegiatan itu sebagai upaya  penataan kota sekaligus pelestarian budaya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Kita berharap agar desain yang sudah direncanakan ini  dapat segera terwujud.  Semoga tahun depan revitalisasi bisa kita laksanakan,”  jelasnya.

 

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021