Kepolisian Resor Kabupaten Langkat menggagas Forum Grup Discussion (FGD) dalam rangka Pernyataan Bersama Untuk Tidak Saling Serang, Perkelahian/Bentuk Tindak Pidana Lainnya Antar OKP (PP, FKPPI, SPSI, dan SPTI) Di wilayah hukum Polres Langkat.

Kegiatan itu dilakukan di Stabat, Minggu (31/10) dipimpin Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, yang juga dihadiri mewakili Bupati Langkat Kakan Kesbang Pol Linmas Faisal Badhawi S.Sos, mewakili Dandim 0203 Langkat Danramil Padang Tualang 10 Kapten Inf Dedy Nasution, Plh Waka Polres Langkat Kompol M Arif Batubara SH SIK MH, Ketua Pemuda Mitra Kamtibmas (PMK) Langkat Drs Syahrizal,MZ, Ketua DPC FKPPI Langkat Bembeng, Seketaris I MPC Pemuda Pancasila Langkat Herman Sukendar Harahap.

Pada kesempatan itu Bupati Langkat yang diwakili Faisal Badhawi berpesan agar dapat bersama-sama untuk menjaga kondusifitas keamanan di Langkat, agar ormas yang ada di dapat saling menjalin keakraban.

Baca juga: Polisi tangkap suami aniaya istri di Langkat

"Apa bila terjadi perbedaan ataupun permaslahaan agar dilaksanakan musyawarah guna mencapai kata mufakat dan membantu Bupati mencapai visi dan misi mencapai persatuan bersama," katanya.

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK mengharapkan agar pertemuan hari ini dalam suasana yang lebih santai dan jangan tegang.

Dimana Langkat terbagi tiga wilayah Teluk Aru, Langkat Hulu dan Langkat Hilir dengan karakteristik yang berbeda, dimana selama saya bertugas saya selalu berusaha untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, katanya.

"Kita harus bisa mengenal jati diri kita, dan kita harus mengetahui tujuan didirikannya organisasi. Langkat memiliki banyak organisasi dan jangan sampai terciptanya permusuhan antar organisasi," harapnya.

"Organisasi harus bisa menjaga kondusifitas dan membantu kebijakan pemerintah Kabupaten Langkat, apa bila ada pekerjaan yg telah dikerjakan secara turun temurun, jangan sampai menjadi permasalahan dan permasalahan tersebut agar dibicarakan secara organisasi," sambungnya.

Danu juga meminta agar kejadian yang terjadi di Kecamatan Sawit Seberang menjadi kejadian pertama dan terakhair. Setiap permasalahan agar dikomunikasikan dengan baik.

Ia juga mengharapkan agar bersama sama ada kata sepakat terkait permasalahan yang telah terjadi, lalu hindari perselisihan sekecil apapun, untuk menyelesaikan permasalahan itu tidak harus dengan membawa senjata tajam dan membawa anggota.

Terkait program pemerintah vaksinasi mengharapkan dukungan dari organisasi dikarenakan vaksin kita saat ini masih rendah.

Apa bila ada dari masing masing ketua kecamatan memiliki informasi terkait berkumpulnya orang agar segera di laporkan kepada Kanit Intel Polsek guna antisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan, katanya.

Sementara Dandim 0203/Langkat diwakili Danramil Padang Tualang Kapten Inf Dedy Nasution menyampaikan agar pertemuan hari ini dapat menjalin silaturahmi diantara kita sehingga menghilangkan permasalahan yang terjadi dan mempererat hubungan kekeluargaan.

"Setiap permasalahan yang terjadi telah kita sampaikan agar dapat di selesaikan secara musyawarah dan dikoordinasikan, agar doktrin lama harus dihilangkan karena sudah tidak zamannya dan merugikan diri sendiri dan keluarga, agar sama sama menjaga keamanan dan mendukung program pemerintah.

Pada kesempatan itu Ketua FKPPI Kabupaten Langkat Bembeng menyampaikan apapun permasalahannya agar diselesaikan secara musyawarah.

Pimpinan teratas telah membuat MOU agar PP dan FKPPI bisa bekerjasama, meminta kepada kader FKPPI dan PP agar bersama-sama bergandeng tangan, jangan karena permasalahan perut anak istri menderita.

Hal hal yang sudah terjadi menjadi pembelajaran kedepan, apa bila ada lapangan pekerjaan bisa kita kerjakan secara bersama-sama. •

Sementara itu mewakili Ketua MPC PP Langkat Herman Sukendar mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Langkat atas kesediannya memfasilitasi pertemuan antar PP dan FKPPI.

Adapun permasalahan yang terjadi terjadi di wilayah biasanya dikarenakan kurangnya komunikasi yang baik, mengharapakan agar bersama-sama saling menjaga kondusifitas keamanan di Langkat, untuk pimpinan kecamatan agar laksanakan koordinasi yang baik kepada Kapolsek dan Danramil.

Usai itu dilakukan pembacaan Nota Kesepakatan bersama dan penandatanganan deklarasi damai Antar Ormas PP, FKPPI, SPSI dan SPTSI.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021