Kahiyang Ayu tak kuat melawan rasa haru saat menjenguk bayi penderita Asteria Bilier di RS Adam Malik, Kamis (7/10) malam. Putri semata wayang Presiden Jokowi itu menangis begitu mendengar kondisi bayi berusia tujuh bulan bernama Aiyla Adisty Hidayah itu.

Kahiyang datang ke RS Adam Malik mendampingi suaminya Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution.

Kepada Kahiyang, Olivia Saridah, ibu dari bayi tersebut menceritakan peristiwa yang dialami putrinya. Ia mengatakan saat baru lahir bayinya mengalami kelainan pada saluran empedu. Sehingga ketika usia empat bulan sudah mulai terlihat bagian perut yang terus membesar diawali dengan mata yang menguning. 

Baca juga: Dubes Polandia jajaki kerja sama dengan Pemkot Medan

"Harusnya dioperasi pada usia 2 bulan, saat ini usia Aiyla sudah 7 bulan katanya sudah telat," kata Olivia bercerita dengan Bobby dan Kahiyang sambil menahan tangisnya. 

Sejumlah opsi pun dibicarakan antara tenaga medis yang menangani dengan keluarga pasien. Di antaranya opsi transplantasi hati di Jakarta. Namun kesulitannya adalah menemukan pendonor. 

Mendengar penjelasan yang mengharukan dan melihat langsung kondisi bayi Aiyla, Kahiyang Ayu pun tak bisa menahan tangisnya. 

Setelah menjenguk bayi Aiyla, Bobby Nasution bilang bahwa biaya perawatan Aiyla ditanggung oleh Pemkot Medan. 

"Saat ini yang terus kita lakukan adalah mendoakan agar Aiyla diberi kesehatan, keluarganya diberikan kekuatan. Pembiayaan kita register ke Kota Medan," kata Bobby. 

Sebelumnya dengan difasilitasi Bobby Nasution, bayi Aiyla langsung dibawa ke RS Adam Malik Kamis (7/10)  malam setelah sempat pulang dari RS Pirngadi akibat kendala biaya. 

Bayi Aiyla dan keluarganya langsung diantar ke RS Adam Malik dengan ambulan dan langsung ditangani tim medis. 

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021