Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan, dan Pemerintah Kabupaten Deliserdang sepakat untuk melakukan percepatan pembangunan secara sinergi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. 

"Tahap pertama yang akan dilakukan bersama Pemkot Medan adalah mengosongkan Lapangan Merdeka Medan untuk menjadi lokasi kegiatan masyarakat," ujar Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di Medan, Senin (20/9). 

Dia mengatakan itu dalam rapat persiapan perencanaan pembangunan sejumlah proyek strategis di Kota Medan, sebagai ibu kota provinsi, serta yang terintegrasi di dalamnya seperti Kabupaten Deliserdang dan Kota Binjai. 

Menurut rencana Wali Kota Medan, jelas Edy Rahmayadi, di Lapangan Merdeka Medan itu akan dibangun tempat parkir di bawah tanah untuk mendukung lokasi wisata yang akan dibuat di kawasan tersebut dan langkah itu akan didukung penuh Pemprov Sumut. 

Lokasi wisata di sekitar Lapangan Merdeka itu adalah Kesawan yang sudah dijadikan sebagai kawasan wisata heritage karena bangunannya berupa peninggalan sejarah. 

"Pemprov Sumut setuju dengan langkah itu," katanya. 

Ada pun anggaran pembangunannya, ujar gubernur, dari kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) yakni APBD, APBN dan investor.

"Pembangunan lainnya akan dibicarakan lebih lanjut. Pembangunan diharapkan bisa semakin mengembangkan perekonomian Kota Medan yang merupakan ibu kota Provinsi Sumut," katanya. 

Dengan perekonomian yang meningkat, maka kehidupan masyarakat di kota itu juga akan semakin membaik dan ikut mendorong ekonomi daerah sekitarnya seperti Deliserdang dan Binjai. 

Edy mengakui, selain di Kota Medan, Pemprov Sumut juga mendorong pembangunan di sekitar kota itu yakni Deliserdang. 

"Pembangunan Sport Centre di Deliserdang sudah harus dimulai 1 Oktober 2021 karena Sumut dan Provinsi Aceh akan menjadi tuan rumah PON (Pekan Olahraga Nasiona) XXI pada tahu 2024," katanya. 

‌Di Sport Centre itu selain ada areal olah raga, ada juga untuk berbagai peruntukan seperti kawasan bisnis, wisata dan taman terbuka. 

‌"Letak Kota Medan, Deliserdang dan Binjai yang berdekatan harus saling mendukung untuk mendorong perekonomian daerahnya yang otomatis untuk Sumut," ujar gubernur. 

Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan menyambut baik kerja sama pembangunan itu. 

Bobby Nasution menyatakan siap untuk terus bersinergi. "Pemkot Medan siap menganggarkan proyek pembangunan yang disepakati bersama," katanya. 

Bobby menyebutkan, pemanfaatan Lapangan Merdeka Medan menjadi cagar budaya dan ruang terbuka hijau (RTH) merupakan kebutuhan masyarakat. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021