Akses jalan dari Kota Padang Sidempuan menuju banyak desa di Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) maupun sebaliknya yang sempat lumpuh total akibat badan jalan tertimbun longsor, kini sudah normal dan kembali bisa dilalui kendaraan bermotor.

Demikian Kepala Pelaksana BPBD Tapsel Ilham Suhardi didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik Hotmatua Rambe kepada ANTARA, Minggu (19/9) dini hari. 

Menurutnya, setelah kejadian longsor Sabtu (18/9) sekira pukul 20.00 WIB, ada waktu lima jam atau hingga pukul 01.00 WIB Minggu (19/9) dini hari, baru seluruh material longsor berupa tanah dan pepohonan yang menutup badan jalan di tiga titik baru selesai di pinggirkan.

Baca juga: Longsor di Tapsel, akses kendaraan Padang Sidempuan - Angkola Selatan lumpuh total

"Sekarang arus transportasi  baik dari dan ke Padang Sidempuan - Angkola Selatan sudah lancar dan bisa dilalui semua kendaraan baik roda dua dan empat. Mobil pemadam kebakaran juga tengah melakukan penyemprotan badan jalan agar tidak licin akibat material endapan lumpur," katanya. 

Sebelumnya dikabarkan, peristiwa longsor yang terjadi di daerah Perkebunan PTPN IV Batu Rosak, Kelurahan Napa, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapsel akibat hujan deras Sabtu (18/9) telah melumpuhkan arus lalu lintas di wilayah itu. 

Berbagai pihak mulai Forkopimda, personel TNI, Polri, BPBD, PUPR, Kecamatan dan masyarakat berjibaku bersama alat berat PUPR Tapsel untuk evakuasi material longsor belasan meter di tiga titik menutupi badan jalan Angkola Selatan itu.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021