Tanah longsor telah mengakibatkan akses transportasi dari Kota Padang Sidempuan - Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) maupun sebaliknya lumpuh total. Karena badan jalan tertutup tanah lumpur beberapa meter.

"Hingga pukul 23.00 WIB malam ini akses jalan belum bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun empat," ujar Kalaksa BPBD Tapsel Ilham Suhardi didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik Hotmatua Rambe kepada ANTARA, Sabtu (18/9) malam. 

Dikatakannya, musibah tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Saat itu hujan lebat melanda wilayah tersebut. Lokasinya persis di Batu Rosak, Kelurahan Napa atau sekitar 7-9 kilometer dari Kota Padang Sidempuan menuju arah banyak desa di Angkola Selatan, Tapsel. 

Baca juga: Pandemi belum usai, Bupati Tapsel ajak masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan

"Material longsor berupa tanah bercampur pepohonan telah menutup badan jalan di tiga titik.  Sekarang alat berat Dinas PU Tapsel sedang bekerja berupaya meminggirkan seluruh material agar kendaraan bisa melintas," katanya. 

Unsur Forkopimda, TNI, Polri, BPBD, Dinas PU, Kecamatan, Desa dan sejumlah elemen masyarakat sudah turun ke TKP. Seluruh personel berjibaku membantu agar material bisa di evakuasi dari badan jalan hingga selesai. 

"Material longsor yang menutup tiga titik badan jalab masing-masing antara 5 meter hingga 15 meter," katanya seraya menambahkan tidak ada korban akibat kejadian tanah longsor tersebut.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021