Pemkab Dairi, Sumatera Utara, mendorong pelaku usaha khususnya UMKM agar kreatif dan mampu beradaptask dalam melihat peluang untuk pengembangan bisnis.

"Persaingan usaha saat ini tidak dipengaruhi karena besar kecilnya sebuah perusahaan, namun juga karena perusahaan atau usaha tersebut mampu adaptif dan kecepatan dalam menangkap peluang," kata Bupati Dairi Eddy Ate Keleng Ate Berutu di Sidikalang, Selasa (7/9).

Menurut Eddy, di era platform digital UMKM harus memanfaatkan teknologi agar mampu bersaing dengan produsen besar asalkan produk yang dihasilkan menarik bagi masyarakat.

Baca juga: Pemkab Dairi fokus penurunan angka stunting

"Pemkab Dairi akan berusaha mendorong UMKM yang memproduksi produk unggulan agar memanfaatkan platform digital dan lokapasar dalam memasarkan produknya," katanya.

Untuk mendorong tumbuhnya pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran produk UMKM Kabupaten Dairi, pemerintah telah mengembangkan dan menyediakan satu lokapasar yaitu visitdairi.com.

"Ini menjadi media promosi dan pemasaran produk unggulan Kabupaten Dairi. Mari manfaatkan platform ini. Harapan saya semoga Bank Mestika semakin besar dan tetap berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Sementara Presiden Direktur PT. Bank Mestika Dharma Tbk, Achmad Kartasamita, mengatakan program itu adalah hasil pembicaraannya bersama dengan Bupati Dairi untuk membangkitkan motivasi berbisnis yang penuh inovasi dan dapat survive ditengah hantaman dunia digital.

"Dari sisi perbankan akan sangat senang mendapat nasabah dari dunia UMKM. Kami siap mendukung jika dibutuhkan dalam segi pendanaan. Saat ini perusahaan online banyak mendapat support dari perbankan untuk tumbuh lebih maju. Ini yang dilihat perbankan dan otoritas jasa keuangan dalam mendukung pengembangan UMKM," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021