Setelah menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Madya 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Pemkot Tanjungbalai menyatakan siap menuju KLA.

Hal itu disampaikan Plt Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Thalib usai mengikuti pemberian penghargaan KLA Kategori Madya 2021 dari Menteri PPPA-RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang dilaksanakan secara virtual di ruang teleconpres Diskominfo Balai Kota setempat, Kamis (29/7/2021).

Menurut Plt Wali Kota, penghargaan KLA ini merupakan sebuah capaian prestasi yang cukup baik bagi Kota Tanjungbalai. Jika OPD terkait bekerja keras tentu tahun depan akan naik ke peringkat Nindya hingga Utama dan akhirnya menjadi Kota Layak Anak.

"Untuk itu, OPD terkait bersama OPD lainnya diharapkan bersinergi mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan persyaratan menuju Tanjungbalai Kota Layak Anak. Intinya kita harus siap meraih KLA," ujar H.Waris.

Ia melanjutkan, demi mewujudkan harapan tersebut jajaran OPD Pemkot Tqnjungbalai wajib memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta selalu memperhatikan fasilitas dan infrastruktur ramah anak sehingga apa yang diraih saat ini terus meningkat.

"Saya yakin adanya kerja sama melalui program setiap OPD yang disinergikan dengan Visi Misi Pemerintah Kota khususnya yang berhubungan dengan anak, maka harapan menuju Kota Layak Anak bisa terwujud,” kata H.Waris.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pemkot Tanjungbalai, Darul Yana Siregar, mengatakan ada empat hak utama anak, yaitu hak hidup, hak tumbuh berkembang, hak mendapatkan perlindungan dan hak partisipasi.

"Agar harapan KLA bisa terwujud, kedepannya Pemkot Tanjungbalai akan berupa memenuhi empat hak utama anak tersebut. Tentunya dengan sinergitas dan kerja keras semua pihak," katanya.

Sesuai pantauan, hadir dalam acara pemberian penghargaan KLA secara virtual itu yakni, Plt Ketua TP-PKK Hj Fatiah Haitami Waris, sejumlah kepala OPD dan Ketua FKKDAC dan Ketua P2TP2A ( pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak) Kota Tanjungbalai Agus Salim Hutagalung.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021