Pekikan takbir bergema, sementara sebagian jamaah tak kuasa menahan airmata saat pemberangkatan jenazah almarhum Ketua MUI Labura Drs H Aminurrasyid Aruan dari Masjid Raya Al Aman Aekkanopan, Rabu pagi. 

Jamaah yang diperkirakan lebih kurang seribu orang tersebut memadati masjid yang berada di sisi Jalan Lintas Sumatera Aekkanopan itu. Banyak jamaah yang tertinggal untuk ikut menyolatkan almarhum.

Karenanya, bagi jamaah yang tertinggal diberi kesempatan untuk menyolatkan almarhum pada gelombang kedua. Sebagai imam adalah mantan Ketua LPTQ Labura H Safru El Fauzi LC MA. Sementara pada gelombang pertama, sholat diimami putra kedua almarhum H Wafiq Aruan LC.

Baca juga: Polisi tangkap pelaku pembunuh Ketua MUI Labura

Usai sholat Dan doa, Safru meneriakkan takbir yang langsung disambut oleh jamaah yang memenuhi masjid tersebut. Turut serta menyolatkan almarhum Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM, Wabup H Samsul Tanjung ST MH, Ketua MUI Sumut Dr H Maratua Simanjuntak, Ketua DPRD Labura H Indra SB Simatupang SH MKn dan sejumlah pejabat dan tokoh lainnya.

Selanjutnya dengan menggunakan ambulance RSUD Aekkanopan, jenazah dibawa ke peristirahatan terakhirnya di pemakaman umum Kampung Terutung Kelurahan Aekkanopan. 
 
Suasana pemakaman almarhum Ketua MUI Labura Drs H Aminurrasyid Aruan di tempat pemakaman umum Kampung Terutung Kelurahan Aekkanopan, Rabu. Terlihat diantaranya Wabup Labura H Samsul Tanjung ST MH (pakai masker hitam). (ANTARA/Sukardi)


Wabup Labura didampingi sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terlihat mengikuti prosesi pemakaman hingga terakhir. Demikian juga dengan mantan Wakil Bupati Labura H Minan Pasaribu SH MM.

Turut memberi sambutan pada acara tersebut Ketua MUI Sumut Dr H Maratua Simanjuntak. Sedangkan dari pihak keluarga almarhum disampaikan putra sulungnya Habib Aruan.


 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021