Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan nota jawaban atas pemandanagan umum anggota DPRD Dairi terhadap Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 pada kamis (22/7) dalam sidang paripurna di ruang rapat DPRD Dairi.

Bupati dalam nota jawabannya menyampaikan penjelasan serta tanggapan terkait dengan pemandangan umum yang disampaikan oleh 13 anggota dewan.

Salah satunya pertanyaan anggota dewan terkait hubungan langsung WTP dengan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Dairi raih Anugerah KPAI 2021

Menanggapi hal tersebut, bupati mengatakan bahwa opini WTP adalah hasil pemeriksaan atas kewajaran laporan keuangan Pemkab Dairi dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan.

Juga kecukupan pengungkapan, efektivitas sistem pengendalian interen dan kepatuhan terhadap peraturan perundangan-undangan.

"Ekonomi Dairi Tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar 0,94 persen dibandingkan capaian Tahun 2019 sebesar 4,82 persen. Kontraksi tersebut terjadi karena adanya komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga yang mencakup lebih separuh dari PDRB Kaabupaten Dairi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021