Wali Kota Sibolga, H Jamaluddin Pohan didampingi Wakil Wali Kota, Pantas Lumbantobing, dan pihak rekanan dari PT Tureloto Battuindah, Nazwan, melakukan pemacangan perdana pembangunan Pasar Sibolga Nauli, Senin (19/7), di Jalan Patuan Anggi, Kota Sibolga, Sumatera Utara. Dengan dilakukannya groundbreaking ini maka resmi pembangunan Pasar Sibolga Nauli dimulai.

Jamaluddin Pohan di tengah kegiatan pemancangan perdana itu meminta, agar semua pihak mendukung pelaksanaan pembangunan proyek yang bersumber dari APBN itu.

Baca juga: 100 warga binaan lapas Sibolga jalani vaksin pertama

“Dengan membaca Bismilah sudah kita lakukan pemancangan perdana pembangunan Pasar Modern Sibolga Nauli ini. Dan sesuai dengan kontrak, pembangunan pasar ini dikerjakan selama 330 hari kelender, dan pihak rekanan siap menepati waktu kerja itu. Makanya kita dari Pemkot Sibolga pasang badan untuk pembangunan ini, termasuk administrasi dan bagian lainnya kita bantu semuanya. Tujuannya adalah, agar target kerja bisa terkejar sesuai dengan kontrak yang ditentukan,” ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan Pemkot Sibolga akan kehadiran proyek itu, Pemkot telah menyediakan pasar sementara di Stadion Horas Sibolga dan juga melengkapi jaringan listrik di sana.

Ditambahkan Wali Kota, pihaknya akan melakukan pengawasan setelah proyek itu nantinya diserah terimakan kepada Pemerintah Kota Sibolga.

Sementara itu dari pihak rekanan, Nazwan yang ditanyai ANTARA di lokasi proyek menegaskan, pihaknya siap mengerjakan proyek itu selesai dengan batas waktu yang sudah ditentukan di dalam kontrak kerja.

“Di kontrak kerja kita mulai pekerjaan tanggal 21 Juni 2021, dan hari ini sudah kita mulai pemancangan perdana yang dihadiri langsung oleh Bapak Wali Kota dan pak Wakil serta pak Sekda. Kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan beliau untuk melakukan groudbreaking ini. Dan pada bulan Februai tahun depan atau selambat-lambatnya Juni 2022 suda harus selesai. Jadi kita usahakan sebelum berakhir tanggal kontrak sudah selesai proyek ini,” ucapnya.

Ditanya kendala apa saja yang dihadapi dalam pengerjaan proyek ini, menurut Nazwan, sampai saat ini belum ada kendala, termasuk cuaca semuanya mendukung.
“Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak, termasuk dari teman-teman wartawan untuk dapat mendukung dan membantu pemberitaan posifit terkait proyek ini,” harapnya.

Pembangunan proyek Pasar Sibolga Nauli ini tertuang dalam kontrak kerja nomor HK. 02.03-Cb2/SPK/PKK Wil.1/FS Sibolga/05. Dengan nilai kontrak Rp61.846.401.000, dengan jangka waktu 330 hari kelender, yang dikerjakan oleh PT Tureloto Battu Indah, dengan sumber dana dari APBN.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021