Sebanyak 100 Orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Sibolga, Sumatera Utara, mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama dalam kegiatan Serbuan Vaksin Mobile Kodim 0211/Tapteng, Sabtu (17/7).

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00-13.00 WIB, di Aula Kantor Lapas Sibolga, dilakukan bagi WBP yang memilki Nomor Identitas Kependudukan/NIK.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sibolga, Tapianus Antonius Barus, bersama Komandan Distrik Militer 0211/Tapanuli Tengah, Letkol Infanteri Dadang Alex, Komandan Rayon Militer 03/Pandan, Kapten Infanteri Sahrial, yang menyaksikan langsung kegiatan tersebut mengatakan, total ada 100 orang WBP kita yang mendapatkan Vaksin COVID-19 di mana sebelumnya mereka telah menjalani screening dan dinyatakan lolos.

Baca juga: Imigrasi Sibolga sosialisassi aplikasi pelaporan orang asing kepada pengelola hotel

Lebih jauh Tapianus mengatakan, Vaksinasi untuk WBP yang dilakukan hari ini merupakan kerja sama TNI, khususnya Kodim 0211/TT.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada rekan TNI yang mau memfasilitasi vaksinasi ini bersama dengan Puskesmas Pandan. Selain itu vaksinasi ini merupakan upaya yang kita tempuh dalam rangka mencegah penyebaran wabah COVID-19 khususnya di Lapas Sibolga,. Di samping itu ada beberapa langkah pencegahan yang sebelumnya telah dilakukan guna menekan penyebaran virus ini seperti peniadaan jam kunjungan, dan juga persidangan secara online," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Tim Vaksinasi Puskesmas Pandan, drg. Depri Stevani Rambe, menuturkan, vaksinasi COVID-19 merupakan upaya pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 terutama pada tempat-tempat yang dianggap memilki potensi besar terjadinya cluster penyebaran virus tersebut.

Selanjutnya untuk vaksinasi tahap kedua akan kita lakukan pada tanggal 14 Agustus 2021 nantinya.

"Harapan kita dengan vaksinasi yang menjadi program nasional, hari ini telah kita lakukan bagi masyarakat khususnya bagi Warga Binaan Lapas Sibolga.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021