Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia berkomitmen melanjutkan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Kerja sama UMSU dan UPSI yang terjalin erat selama ini akan terus kita lanjutkan dan tingkatkan, meski dalam suasana pandemi COVID-19, kita tetap berupaya membangun kualitas akademis di dua universitas di dua negara serumpun," kata Rektor UMSU, Prof Agussani, MAP dalam acara silaturrahim virtual UMSU dan UPSI, Jumat (2/7).

Ia mengatakan kerja sama antara UMSU-UPSI sudah terjalin cukup lama. Banyak kerja sama yang sudah dilakukan dalam rangka pengembangan pendidikan dan Budaya Melayu.

Baca juga: UMSU wisuda 663 lulusan

Agussani juga bangga karena hubungan budaya Indonesia-Malaysia ditandai dengan berlangsungnya program suara radio bersama dalam paket "Maya Kabagh" yang berisi dialog budaya antar dua negara.

"Kami berharap kerja sama budaya, riset dan kuliah bersama dapat dijadikan program penting antardua universitas," katanya.

Sementara Rektor UPSI Prof. Dr. Dato' Mohammad Amin bin Mohammad Taff memberi apresiasi atas terselenggaranya silaturrahim virtual antardua universitas.

Dia bangga atas kerja sama yang sudah dibangun cukup lama dan yakin masih banyak kerja sama yang bisa dibangun antara UPSI - UMSU.

Acara silaturrahim diisi dengan diskusi antardua pimpinan universitas guna membangun kesamaan visi dan misi sebagai komitmen mengembangkan kerja sama.

Sementara Kepala Pusat Budaya Melayu Prof. Dr. Khairil Ansari mengatakan lomba debat dan pidato antar dua universitas bisa dilakukan disamping kerja sama penulisan dan publikasi.

Usulan UMSU untuk membangun kerjasama itu disahuti positif oleh Rektor UPSI dan mereka berharap dapat diimplementasikan secepatnya. Beberapa hal yang dapat direalisasikan ada kerja sama untuk pendidikan bahasa, sosial, pendidikan dan agama Islam.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021