Polbangtan Medan menggelar kegiatan Leadership Training  Petani Milenials bertema "How to Build Public Speaking and Personal Baranding for Agripreneurs Millennial" di Aula Polbangtan Medan.

Acara yang digelar 26-27 Juni 2021 secara offline dan disiarkan secara langsung melalui Youtube Polbangtan Medan. 

Peserta yang mengikuti kegiatan ini dibatasi hanya 40 orang mahasiswa Polbangtan Medan semester VIII Jurusan Perkebunan dan Jurusan Pertanian dan telah memenuhi kriteria persyaratan peserta dan mengajukan permohonan pendaftaran melalui Google Form saja. 

Baca juga: BP3K-Polbangtan Medan edukasi penyuluh pertanian di Serdang Bedagai

Pembatasan dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam situasi pandemi Covid 19. 

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini dalam kesempatan itu mengatakan visi Polbangtan Medan adalah unggul dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang Profesional, Mandiri dan Berdaya saing. 

Pembinaan karakter bertujuan meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di kampus yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai dengan standar kompetensi kelulusan.

"Itu semua berdasarkan kurikulum pembinaan karakter bagi calon petani millenial, untuk mengasah jiwa kepemimpinan diperlukan salah satunya keterampilan public speaking dan personal branding," katanya.

Kegiatan itu bertujuan agar mahasiswa mengetahui arti penting keterampilan Public Speaking dan Personal Branding, ahasiswa mampu mempraktekkan keterampilan Public Speaking dan Personal Branding.

Kemudian mahasiswa mampu mengkombinasikan Public Speaking dan Personal Branding
Mahasiswa mampu membangun Personal Branding (motivator, trainer, fasilitator, konsultan)

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mendukung para mahasiswa  Polbangtan Medan untuk bergerak sebagai pionir atau generasi pertanian milenial yang membangun pertanian modern dan fondasi kesejahteraan petani. 

Polbangtan yang merupakan pabrik pencetak generasi milenial, harus terus melakukan inovasi sebagai modal mahasiswa ketika terjun ke masyarakat. 

Ia juga mengatakan Kementerian Pertanian terus berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pertanian. 

Polbangtan yang ada di beberapa daerah di Indonesia menjadi wujud dari upaya nyata sebagai penggerak kemajuan di masyarakat.

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menerangkan bahwa Polbangtan adalah salah satu politeknik yang berada di Kementerian Pertanian (Kementan). Terdapat 6 kampus Polbangtan salah satunya ada di Provinsi Sumatera Utara.

"Politeknik pembangunan pertanian adalah pabrik dari calon - calon petani millenial kita. Tentu ini terkait dengan regerenasi petani yang mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap harus terus kita lakukan secara terus menerus secara berkesinambungan dan secara sistematis," katanya.

Narasumber banyak memberi pengetahuan baru dan menarik kepada untuk mahasiswa tentang public speaking seperti teknik olah vokal, intonasi suara, pemilihan kata-kata, aksentuasi.

Artikulasi, kecepatan bicara, senam muka, postur yang baik, hingga tips agar napas tak terdengar saat bicara menggunakan microphone dan  personal branding.

Acara dibuka langsung oleh Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini. Sebagai narasumber adalah Dwi Anggia Presenter TV ONE Jakarta, Syahrul Akbar Founder Saga Creative Hub, Ketua Japnas wilayah Sumatera Utara serta PWMP Universitas Sumatera Utara Tahun 2018 wilayah Koordinasi Polbangtan Medan dan Cey Cindy Meliala yang merupakan  Womenpreneur dan juga Nominasi Putri Indonesia dari Provinsi Sumatera Utara. 

Sementara untuk fasilitator kegiatan adalah Hertauli Roslinda Harianja Womenpreneur CEO startup siniaja.id, WMM Foundation's President, Awardee Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Program USA dan Abrar Azhari Siregar (Anggota PWMP Polbangtan Medan Tahun 2021, Alumni Polbangtan Medan, Trainer Wirabangsa).




 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021