Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Siti Senorita menyambut baik kegiatan Merdeka Berbelanja, Merdeka Bersantap. 

Siti Senorita berharap kiranya kegiatan tersebut dapat membangkitkan ekonomi di Kota Tebing Tinggi. Ia juga menjelaskan kegiatan ini sesuai dengan arahan Presiden untuk mempercepat transformasi digital diberbagai sektor strategis.

Hal ini disampaikan Siti Senorita sebagai narasumber FGD Wujudkan Tebing Tinggi sebagai Kota Kuliner, Penggunaan QRIS dan Peluncuran Webside TPAKD, Rabu (30/6) di gedung Hj. Sawiyah.

Baca juga: FGD wujudkan Tebing Tinggi sebagai kota kuliner

Disampaikan Kegiatan ini sebagai harapan untuk bisa membangkitkan ekonomi di Kota Tebing Tinggi. 

Penggunaan Quicg Response Indonesian Standar (  QRIS) tidak hanya bisa digunakan di sektor perdagangan, bisa juga digunakan di pasar tradisional, sektor pariwisata, rumah ibadah. 

Lembaga sosial, untuk donasi termasuk juga untuk pembayaran pajak dan retribusi. Ini searah sejalan dengan arahan Presiden RI untuk mempercepat transformsi digital di berbagai sektor strategis.

Kedepan kami berupaya agar perluasan QRIS bisa didukung masyarakat, ujar Siti Senorita.

Keuntungan penggunaan QRIS bagi konsumen disampaikan Siti Senorita yaitu lebih higienis tanpa kontak fisik, transaksi cepat dan pengeluaran tercatat, aman dan terlindungi karena diawasi BI, efisien tanpa uang kembalian dan bebas biaya serta kekinian dan gratis. 

Sedangkan keuntungan bagi merchant/pelaku usaha adalah menerima pembayaran secara higienis, mengikuti tren sehingga dapat meningkatkan penjualan, transaksi tercatat dan langsung masuk rekening,

Tidak perlu uang kembalian dan bebas risiko pencurian dan uang palsu, membangun credit profile dengan mudah serta murah serta bebas biaya bagi usaha mikro.

FGD dihadiri Wali Kota Tebing Tinggi dengan peserta para pengusaha Kuliner dan Pehotelan di Tebing Tinggi. 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021