Syahrul M.Pasaribu mantan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) dua periode diundang sebagai narasumber Musrembang RPJMD  Pemkab Tapsel tahun 2021 - 2026 bersama Ketua Bappeda Sumut Hasmirizal Lubis. 

Musrembang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang berlangsung di Aula Sarasi Kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Rabu (23/6) dibuka Bupati Dolly P.Pasaribu.

Kegiatan ini dihadiri Kapolres Tapsel AKBP Roman Smarhadana Elhaj, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Sekda Tapsel Parulian Nasution juga Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu dan pengurus lainnya. 

Baca juga: Meninggal COVID-19 di Tapsel bertambah lagi, Satgas imbau warga tetap patuhi prokes

Musrembang 2021- 2026 ini kata Bupati, dalam rangka proses penyempurnaan (evaluasi) rancangan RPJMD menjadi rancangan akhir RPJMD, berdasarkan hasil surat kesepakatan sebelumnya. 

Permendagri nomor 86 tahun 2017 juga sudah mengatur tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah. Tata cara evaluasi RPJPD dan RPJMD. Pesertanya, para OPD dan pemangku kepentingan lainnya. 

"Pasal 64 (1) Kemendagri nomor 86 mengamanatkan Musrembang RPJMD,  bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi,  arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang awal RPJMD telah dirumuskan," jelasnya.

Pada sesi pertama Syahrul M.Pasaribu dalam materinya memaparkan tentang penyusunan dan strategi pencapaian target RPJMD berdasarkan pengalaman empiris. Sesi kedua, acara dialog dengan Bappeda Provinsi Sumut dan Bappeda Tapsel melalui zoom meeting. 

Sedang Kepala Bappeda Provinsi Sumut Hasmirizal Lubis dalam materinya sebagai nara sumber memaparkan sinkronisasi program /RPJMD Provinsi dengan RPJMD Tapsel 2021-2026.

Hasmirizal Lubis selain hadir sebagai nara sumber juga mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang dalam sambutannya mengingatkan dalam evaluasi RPJMD harus sinergi dengan program pusat dan provinsi. Dan diharap bisa tuntas sebelum enam bulan kepala daerah setelah dilantik. 

Syahrul M.Pasaribu di akhir acara membagikan buku "Kalaidoskop 10 Tahun Kepemimpinan Tapsel" kepada Bupati Tapsel, Kepala Bappedasu, Kapolres Tapsel, Dandim 0212/TS dan sejumlah yang lainnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021