Istri Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kahiyang Ayu memasangkan kain tenun khas Ulos Mandailing ke pundak Ketua Dekranasda Kota Pariaman Ny Lucyanel Genius Umar.

Ini dilakukan bentuk penghormatan, dan ucapan selamat datang kepada Lucyanel yang merupakan istri Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat di Aula Gedung Seba Guna Dharma Wanita, Jalan Rotan, Medan, Kamis (17/6).

Ulos Mandailing terkenal memiliki karakter yang khas dalam memainkan garis dan lengkung serta warna merah yang lebih cerah, dan didominasi oleh pernak-pernik termasuk warna  putih. 

Kain ulos yang diberikan itu, merupakan salah satu kerajinan tenun yang terus dikembangkan oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan anggota Dekranasda Kota Medan, Sumatera Utara. 

"Pendampingan dan pembinaan yang kami lakukan terhadap pelaku UMKM mulai dari hulu hingga hilir, seperti mutu, produksi dan pemasaran agar dapat meningkatkan daya saing mereka," ucap Ketua Dekranasda Kota Medan, Kahiyang Ayu. 

Ketua Dekranasda Kota Pariaman, Lucyanel, mengaku kedatangannya untuk mengetahui pola maupun cara dan strategi Dekranasda setempat mengembangkan UMKM di tengah pandemi COVID-19.

"Kedatangan kami ingin belajar bagaimana mengembangkan UMKM agar maju seperti Kota Medan. Selain itu peningkatan kualitas pelaku UMKM, sehingga produk yang dihasilkan dapat bersaing," katanya.

Pewarta: M. Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021