Alumni Polbangtan Medan siap mensukseskan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan. Sejumlah alumni juga sudah siap melakukan pendampingan.

Penghantaran pendamping alumni dilakukan di kantor Dinas Pertanian Humbahas berjumlah 36 orang yang terdiri atas alumni Polbangtan sebanyak 19 orang, alumni USU sebanyak 6 orang dan alumni UNITA sebanyak 11 orang.

Seperti disampaikan oleh Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi, pihaknya berusaha memaksimalkan tupoksi dari Pusluhtan, Pusdiktan dan Puslatan.

“Kita akan memastikan pendampingan terhadap petani di lokasi food estate berjalan maksimal, dengan memaksimalkan kinerja pusat-pusat di BPPSDMP,” ujarnya.

Baca juga: Polbangtan diminta tetapkan standar implementasi SPMI

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo telah berulangkali mengingatkan, Food Estate merupakan program untuk menjaga ketahanan pangan.

Penyerahan alumni dihadiri oleh bapak Kadistan Kab.Humbahas Ir.Junter  Marbun,MP  beserta Kabid penyuluhan dan kasi kelembagaan. 

Setelah dari dinas, pendamping alumni bergerak menuju BPP Pollung dan disambut baik oleh koordinator BPP serta dilakukan pembagian lokasi pendampingan yaitu  di desa Hutajulu sebanyak 12org, didesa Ria2 12 org, dan di desa Parsingguran 12 org.

Sebelumnya para pendamping sudah dilengkapi bimtek pemetaan lahan, budidaya bawang merah, budidaya bawang putih dan budidaya kentang. 

Harapannya para pendamping alumni dapat melakukan pendampingan pada areal 1000 Ha untuk mensukseskan program super nasional Food Estate Humbahas selama 3 bulan terhitung sejak bulan Juni-Agustus 2021.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021