Wali Kota Tebing Tinggi H. Umar Zunaidi Hasibuan, mengikuti acara diskusi yang digelar oleh anggota DPR RI Fraksi PDIP Marsiaman Saragih, bersama Bank Indonesia dan pelaku UMKM di Kota Tebing Tinggi, 

Diskusi bertajuk "Berdikari Bidang Ekonomi dengan UMKM pada masa Pandemi COVID-19" di RM Pondok Bagelen Tebing Tinggi, Kamis (3/06).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemulihan ekonomi khususnya di Tebing Tinggi, dengan menguatkan UMKM dimasa pandemi dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Baca juga: Verifikasi lapangan Hybrid Kota Layak Anak 2021

Dalam arahannya, wali kota mengatakan pandemi COVID-19 memaksa Pemkot Tebing Tinggi untuk membatasi kegiatan masyarakat yang berdampak pada perekonomian di Kota Tebing Tinggi.

"Kami terpaksa melakukan kegiatan sedikit ketat terhadap transaksi perdagangan dan bisnis, yang sampai saat ini dibatasi maksimal sampai jam 22 WIB. 
Semata-mata adalah untuk menekan sebaran COVID-19 di Tebing Tinggi. Oleh karena itu kita harus dapat memberikan berkah dan manfaat bagi kota kami, masyarakat kami dan UMKM kami dimasa pandemi ini," katanya.

Semenjak pandemi COVID-19, UMKM Tebing Tinggi mengalami hambatan dalam pemasaran produk karena menurunnya kunjungan wisatawan.

Wali kota mengatakan penurunan ini membuat Pemkot Tebing Tinggi mencoba Sistem Digitalisasi untuk aktifitas perdagangan dari produk-produk UMKM. Jumlah UMKM di Kota Tebing Tinggi mencapai 15.000  lebih yang semua aktifitas ada di Tebing Tinggi

Anggota DPR RI Fraksi PDIP Marsiaman Saragih, mengatakan kondisi pandemi COVID-19 mengakibatkan semua mengalami kendala khusunya bidang pereknomonian sehingga dibutuhkan komunikasi kepada pihak-pihak terkait agar perkenomian kembali pulih.

"UMKM yang merupakan garda terdepan dalam penggerak ekonomi Indonesia juga merasakan dampak dari pandemi COVID-19 ini. 

Untuk itu melalui diskusi ini mari  mencari solusi atas masalah yang ada sekarang dan juga yang akan datang. 

Bagaimana menghadapi COVID-19 dengan tetap menjaga prokes tetapi tetap beraktifitas untuk memulihkan ekonomi khususnya di Kota Tebing Tinggi ini. Ucap Marsiaman Saragih.

 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021