Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara (ITS Paluta) di Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara telah mendapatkan izin penyelenggaraan Perguruan Tinggi dari  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek)  Republik Indonesia.

Ketua Pembina Yayasan Perguruan Tinggi ITS Paluta, Amarullah Nasution di dampingi Sekretaris, Dahrul Aman Harahap di Rantauprapat, Kamis (27/5) sore menyampaikan, izin penyelenggaran dari Mendikbudristek telah di serahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara, Prof. Ibnu Hajar di Medan. 

Dasar izin penyelenggaraan tertuang dalam salinan keputusan Mendikbudristek nomor 149/E/O/2021 tanggal 19 April 2021 tentang izin pendirian ITS Paluta di Sumatera Utara. 

Baca juga: Polisi ringkus perampok gudang di Labuhanbatu dari kandang Lembu

"Terima kasih dengan dikeluarkannya SK pendirian ITS Paluta, karena proses pendirian ini dimulai tahun 2019 dengan pembangunan sarana prasarana lengkap. Dan juga ucapan terima kasih untuk Pemkab Paluta yang telah membantu dalam berbagai aspek," kata Amarrulah. 

Amarullah menjelaskan, ITS Paluta merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang menyelenggarakan prodi sains dan teknologi di daerah Sumatera Utara untuk membantu pemerintah daerah dalam mencerdaskan anak bangsa khususnya jenjang pendidikan tinggi.

Diantaranya, Program studi Agroteknologi program sarjana, Program studi peternakan program sarjana, Program studi sistem informasi program sarjana dan Program studi teknologi informasi program sarjana.

Menurutnya, dengan berdirinya ITS Paluta dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan biaya yang terjangkau sehingga tercipta SDM unggul di daerah. 

"Ini merupakan kesempatan dan peluang bagi masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Padang Lawas yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Padang Lawas Utara," jelasnya. 

Dalam penyerahan SK Mendikbud di Medan, Kepala LLDikti Wilayah I Sumatera Utara, Prof. Ibnu Hajar menyampaikan lahirnya ITS Paluta memberikan banyak maanfaat bagi masyarakat di daerah. 

Pihaknya menyambut baik dalam penyelenggaraan pendidikan yang akan mulai beroperasi dan menerima Mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 ini.

Menurutnya, kehadiran ITS Paluta akan membangun dan menghadirkan pendidikan bermutu dan masyarakat akan termotivasi untuk berkuliah di sana. 

"Ucapan terima kasih kepada Yayasan ITS Paluta yang turut serta membantu pemerintah dalam penyelenggaraan Pendidikan. Kami berharap dikelola dengan baik agar tercipta PT yang unggul dengan kualitas lulusan yang berdaya saing," katanya. 
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021