Universitas Sumatera Utara (USU) menempati posisi ketujuh nasional dalam pemeringkatan Scimago Institutions Rankings (SIR) 2021 dan rangking ke-708 secara global.

"Capaian tersebut merupakan hasil kinerja bidang riset dan inovasi USU pada tahun 2020," kata Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, SSos, MSi, dalam siaran pers yang diterima di Medan, Sabtu (1/5).

Ia menyebutkan, hasil ini memiliki peranan yang sangat penting dalam memotivasi civitas akademika USU untuk meningkatkan kinerjanya, khususnya dalam bidang riset, inovasi dan sociental.

Baca juga: USU masuk dalam peringkat ke-15 THE Impact Rankings

"Diharapkan pada penilaian Scimago mendatang USU dapat memperbaiki peringkatnya lebih baik lagi," ujarnya.

Muryanto mengatakan, meskipun berada di rangking ketujuh nasional dan ke-708 dunia, namun berdasarkan 19 subjek area penilaian yang dilakukan oleh SIR, USU menempati peringkat pertama nasional dan peringkat ke-305 dunia dalam bidang Agriculture and Biological Science tingkat universitas.

Selain itu, USU juga menempati peringkat ketiga nasional dan peringkat ke-420 dunia dalam sektor Business, Management and Accounting.

Baca juga: Bank Syariah Indonesia dan USU jalin kerja sama

Sementara pada bidang lainnya yakni Biochemistry, Genetics and Molecular Biology, USU menempati posisi keempat di Indonesia dan posisi ke-663 di dunia. Posisi keempat di Indonesia juga diraih USU dalam bidang Environmental Science.

"Kami akan mendorong agar ke depannya prestasi yang didapatkan USU bisa terus meningkat, khususnya merata pada 19 subjek area penilaian yang dilakukan oleh Scimago Institutions Rankings. Dengan demikian pemeringkatan secara keseluruhan juga meningkat secara signifikan," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021