Pemkot Medan berencana membangun empat titik Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di kawasan Medan Utara meliputi Medan Deli, Marelan, Labuhan, dan Belawan.

"Di TPST ini, sampah akan diolah hingga dapat mengurangi volume sampah. Lalu diangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir)," kata Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman di Medan, Rabu (21/4).

Pemkot Medan, lanjut Aulia, telah menetapkan target TPST tersebut sudah rampung pada akhir tahun ini, dan mengharapkan dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta para camat, khususnya di Medan Utara.

Baca juga: Pemkot Medan ingatkan protokol kesehatan di Kesawan City Walk

Wakil Wali Kota mengingatkan agar mengedukasi warga kota tidak membuang sampah sembarang, melainkan meletakkan di depan rumah dan memilah sendiri sampah, baik organik maupun nonorganik.

"Seiring dengan itu, petugas juga secara rutin mengangkut sampah masyarakat ke TPS," ucap Aulia yang merupakan politisi Partai Gerindra ini.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Muhammad Husni, menyebut, Pemkot Medan tengah membuat suatu model memanfaatkan TPST sebagai tempat pengolahan sampah.

"Hari ini kita jangan berpikir mengangkut sampah, tapi harus diolah. Dibutuhkan kolaborasi dan peran serta dari relawan sampah, bank sampah, camat hingga lurah. Ini, disatukan jadi model pengolahan sampah berbasis masyarakat," ucap  Husni,

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021