Ribuan perangkat desa di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, sudah empat bulan belum juga menerima penghasilan tetap ( Siltap), apalagi dalam waktu dekat ini Idul Fitri 1442 Hijriah akan segera tiba, tentu dana itu sangat diharapkan.

Hal itu disampaikan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Langkat-Kota Binjai Khairul Ramadhan, di Stabat, Rabu, (14/4).

"Sudah empat bulan ini perangkat desa di Kabupaten Langkat belum juga menerima penghasilan tetap mereka," katanya.

Khairul yang juga Wakil Ketua BPD Desa Lalang, Kecamatan Tanjung Pura itu menambahkan penghasilan tetap itu diambil dari Anggaran Dana Desa (ADD) yang sumbernya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Langkat.

Baca juga: DPRD Langkat kecewa dengan janji BPN Provinsi Sumatera Utara terkait sengketa lahan

"Untuk itu diharapkan Bupati Kabupaten Langkat dapat segera menindaklanjuti harapan ribuan perangkat desa ini," katanya.

Apalagi sekarang ini suasana Ramadhan sebentar lagi Idul Fitri tentu berbagai kubutuhan buat keluarga mereka sangat berharap juga dengan penghasilan itu, sambungnya.

Selain itu diharapkan peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk segera tanggap mendorong instansi terkait lainnya untuk dapat mencairkan ADD buat perangkat desa, bila mempergunakan Peraturan Bupati (Perbub).

"Yang jelas perangkat desa butuh penghasilan tetap mereka yang sudah empat bulan ini belum juga diterima," tegasnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021