Camat Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara, Edi Ikhsan meminta kepada kantor Dinas Lingkungan Hidup Madina untuk melakukan analisis lingkungan terkait penyebab hama lalat yang melanda beberapa desa di kecamatan itu.

"Kita meminta kepada DLH Madina untuk melakukan fogging melakukan analisis lingkungan penyebab kemunculan hama lalat secara tak wajar dalam sebulan terakhir di beberapa desa yang ada di Muara Batang Gadis," ujar Edi Ikhsan kepada ANTARA, Selasa (31/3).

Baca juga: Ribuan lalat muncul di pemukiman warga di Desa Sikapas Madina

Camat menyebut, kemunculan koloni lalat dalam jumlah besar tersebut saat ini sudah meluas ke beberapa desa yang ada di kecamatan itu, dan bahkan sudah sampai ke Desa Singkuang.

Atas kondisi ini warga pun sudah mengirimkan surat kepada Camat Muara Batang Gadis. Dan kemudian surat keluhan warga tersebut dilanjutkan Camat kepada Dinas Lingkungan Hidup setempat.

"Kemunculan hama lalat ini juga saat ini sudah dirasakan warga dibeberapa desa, untuk itu kita meminta agar dinas terkait untuk melakukan analisis lingkungan atas sumber lalat tersebut berasal dari mana dan kemudian melakukan penyemprotan," ujarnya.

Untuk pencegahan penyebaran hama lalat itu, Edi menyebut dirinya juga sudah berkoordinasi dengan pihak perusahaan sawit yang ada di sekitaran Desa Sikapas agar dilakukan penyemprotan.

"Untuk pencegahannya kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan dan akan menjadwal pelaksanaan fogging," sebutnya.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Madina, Kasmir yang didampingi Kabid PK2LH, Ahmad Sainulloh dan Kasi Perencanaan, Ahmad Fauzi menyebutkan, terkait pemberantasan hama lalat tersebut pihaknya sudah mengirimkan surat konfirmasi surat PT MAL terkait pemberantasan hama lalat tersebut kepada Camat Muara Batang Gadis.

Dalam surat yang bernomor 660/146/ DLH/2021 tentang konfirmasi surat PT MAL terkait pemberantasan hama lalat tertanggal 22 Maret 2021 itu DLH mengajukan permohonan informasi tentang rencana pengamatan dan pemeriksaan sumber penyebab hama lalat yang terjadi di Desa Sikapas yang diminta oleh PT MAL  dan langkah-langkah yang telah dilakukan terkait dengan permasalahan tersebut.

"Menyikapi hama lalat ini kita sudah melakukan koordinasi dengan Camat melalui surat terkait upaya yang dilakukan pemerintah kecamatan untuk pemberantasan hama lalat itu. Dan, nanti kita juga bersama-sama ke lapangan untuk melakukan peninjauan," ujarnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021