Akibat kondisi cuaca yang kurang bersahabat dan dibarengi guyuran hujan tadi pagi, menjadi kendala utama 4 titik longsor di Jalan Lintas Sumatera Sibolga-Tarutung belum bisa dibersihkan. Akibatnya arus lalu lintas masih lumpuh sejak Selasa petang sampai berita ini diturunkan.

Menurut Keterangan Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy melalui Kasat Lantas AKP Nazrul, saat ini sedang dilakukan upaya pembersihan material longsor termasuk pohon tumbang. Menurutnya, butuh teknis untuk mengangkat pohon tersebut agar jangan sampai berdampak buruk.

“Tadi malam sudah berhasil bahan material longsor dibersihkan pada 4 titik. Karena kondisi malam dan cuaca tidak mendukung, sehingga dilanjutkan pembersihan tadi pagi untuk 4 titik lagi. Dan tadi pagi juga masih hujan, sehingga proses pembersihan tidak bisa berlangsung cepat karena butuh kehati-hatian,” ungkap Kasat.

Baca juga: Jalan Sibolga-Tarutung tertimbun longsor, arus lalu lintas dialihkan

Selain itu juga katanya, untuk membersihkan pohon besar yang tumbang di lokasi longsor, butuh tehnik dengan cara diikat atau ditarik menggunakan sling.

“Tadi kita sudah koordinasi dengan operator excavator (beko) untuk tehnik pengangkatan batang kayu. Mudah-mudahan dapat diangkat dengan cepat dan aman,” ujarnya.

Baca juga: Satu unit mobil tertimpa pohon di lokasi longsor Jalinsum Sibolga-Tarutung

Sedangkan terkait arus lalu linta kata Nazrul, masih dialihkan ke jalur Rampah-Poriaha. Petugas Lantas pun sudah ditempatkan di beberapa titik untuk mengatur arus lalu lintas. Dan terkait perkembangan di lokasi longsor akan disampaikan Kasat lebih lanjut.

“Nanti kalau sudah bisa dilalui kendaraan akan kita informasikan, karena sampai saat ini kita dan petugas operator beserta tim masih bekerja,” pungkasnya.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021