Pemerintah Kabupaten Nias Barat dipimpin Sekretaris Daerah Prof Dr Fakhili Gulo kunjungani Pemkot Binjai, guna mendapatkan informasi serta masukkan terkait tentang Smart City yang telah di terapkan di Kota Binjai, dimana nantinya bisa diadopsi untuk diterapkan di Kabupaten Nias Barat.

Hal itu disampaikannya saat diterima Staf Ahli Wali Kota Binjai Afwan, di Binjai, Senin.

Fakhili Gulo menjelaskan aplikasi "Smart City" yang telah di terapkan di Kota Binjai ini, dimana nantinya bisa diaplikasikan pula di Kabupaten Nias Barat.

Baca juga: PMII Langkat-Binjai minta masyarakat desa tolak APBDes gelondongan

Staf Ahli Wali Kota Binjai Afwan menjelaskan bahwa sistem pemerintahan di Kota Binjai ini sudah digitalisasi dan terintegrasi yang dimana pusat atau urat nadinya berada di ruangan Binjai Command Center ini.

"Melalui ruangan Command Center ini, Wali Kota bisa mengawasi atau memantau seluruh kinerja OPD serta seluruh aplikasi yang ada disini merupakan hasil desain kita sendiri yang mana dalam pengerjaannya Pemkot Binjai bekerjasama dengan tim IT dari Politeknik Medan," katanya.

Sementara aaplikasi-aplikasi yang ada di Binjai Smart City mulai dari eMusrembang, eDokter, ePerizinan, warung binjai, eMasyarakat, JDID dan ePBB serta yang lainnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021