Besok, Jumat (22/1) Masjid Agung Syahrun Nur Tapanuli Selatan (Tapsel) akan diresmikan operasionalnya. 

"Insya Allah, masjid yang menjadi ikon daerah ini akan diresmikan Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu besok," Kabag Humas Pemkab Tapsel Isnut Siregar menghubungi ANTARA, Kamis (21/1) malam.

Sejumlah agenda, serta undangan peresmian Masjid Agung Syahrun Nur yang berlokasi di pintu gerbang pusat Perkantoran Pemkab Tapsel di Sipirok telah disusun dan disebar. 

Baca juga: Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Tapsel bertambah total jadi 231 sembuh 219 orang

"Peresmian masjid ini nantinya akan ditandai dengan penandatanganan batu prasasti serta membuka papan selubung nama Masjid Agung Syahrun Nur Tapsel oleh Bupati," katanya. 

Selesai itu akan dilakukan pengguntingan pita dan selanjutnya Bupati beserta rombongan dan undangan akan Shalat Jumat bersama di masjid bergaya arsitektur Timur Tengah itu.

Kadis PUPR Tapsel CH Rizal Lubis pernah mengungkap, bahwa Masjid Agung Syahrun Nur yang dikerjakan PT. Karya Agung Pratama Cipta ini menelan dana lebih kurang Rp46 milyar. 

Pemancangan tiang pondasi masjid ini sendiri dimulai pada April 2018. Ukuran bangunan masjid ini sekitar 3 ribu meter persegi dengan luas lahan lebih kurang 2 ribu meter dan mampu menam menampung sekitar 2.350 jamaah.

Artinya, untuk di dalam masjid bisa tertampung lebih kurang 760 jamaah, teras masjid 560 jamaah, sedang out door diperkirakan mampu menampung seribu jamaah.

Masjid Agung Syahrun Nur dilengkapi berbagai fasilitas pendukung mulai ruang parkir untuk kendaraan roda dua, roda empat dan bus yang diperkirakan mencapai 222 lot. 

Kedepan para jamaah calon haji Tapsel juga akan dilepas dari halaman masjid yang dikelilingi taman-taman indah yang ditumbuhi berbagai varian flora warna warni. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021