Tempat Pemungutan Suara (TPS) 6 di Kelurahan Gading yang sedang melaksanakan pemungutan suara Pilkada Tanjungbalai 2020 terendam banjir kiriman dari hulu Sungai Asahan, petugas KPPS dan pemilih yang datang ke TPS itu terpantau dikelilingi air, Rabu (9/12).

Ketua KPPS 6, Syarwaluddin, mengatakan, sebelumnya TPS itu tidak terendam banjir, namun Rabu dinihari intensitas air meningkat dan merendam lokasi TPS yang berlokasi di Jalan Singosari, Kelurahan Gading, Kecamatan Datuk Bandar itu.

"Semalam sore masih aman. Air naik mulai sekira pukul 05.00 WIB subuh tadi hingga pada posisi pukul 09.00 TPS ini mulai terendam," kata Syarwaluddin kepada ANTARA.

Baca juga: Peserta pilkada Tanjungbalai undi nomor, pasangan "MARI" urut 2

Terpisah, Ketua PPK Kecamatan Datuk Bandar, Jumadi menjelaskan bahwa diwilayah kerjanya terdapat 71 TPS. Dari jumlah tersebut, beberapa TPS sudah digeser/pindahkan sebagai upaya mengantisifasi terendam banjir.

Menurut Jumadi, TPS yang dipindahkan ketempat lebih tinggi adalah TPS 2, TPS 12 dan 13 Kelurahan Pahang, serta TPS 10, 12 dan 14 Kelurahan Gading.

"Hingga saat ini, hanya TPS 6 Gading yang terendam. Sejumlah TPS lainnya hanya dikelilingi banjir kiriman," katanya.

Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 6 Gading yang tampak "terapung" itu tercatat sebanyak 404 pemilih yang akan menggunakan hak suaranya. Petugas KPPS yang bertugas dan pemilih yang hadir tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

#pilkadaserentakdisumut

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020