Selalu berkomitmen untuk hadir berkontribusi, PT Toba Pulp Lestari Tbk telah memberikan beasiswa Perguruan Tinggi di Akademi Teknologi Pulp dan Kertas Bandung kepada sebanyak 8 siswa berprestasi dan kurang mampu dari Kabupaten Toba pada 2017 lalu. 

Buah yang manispun akhirnya dapat dipetik, para penerima beasiswa tersebut berhasil menyelesaikan tanggung jawab perkuliahannya dan lulus dengan nilai yang memuaskan. 

Tidak hanya itu saja, para penerima beasiswa secara langsung dapat bekerja dan berkontribusi bagi PT TPL, selepas mereka lulus.

Baca juga: PT TPL perbaiki jalan di Desa Pardomuan

"Kami juga berharap adik-adik penerima beasiswa yang sekarang sudah bekerja di PT TPL akan memberikan kontribusi tidak hanya kepada perusahaan, tapi juga kepada perusahaan, terlebih kepada orang-orang disekitarnya," sebut Ramida Siringoringo, selaku Manager Community Development PT TPL, dalam rilis pers yang diterima ANTARA, Kamis (26/11).

Dikatakan, bantuan pendidikan merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan terhadap pengembangan sumber daya manusia demi kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup manusia.

"Hal-hal baik akan kami tetap kembangkan agar masyarakat dapat terus merasakan manfaat dari perusahaan," ujarnya.

Menurutnya, selain pemberian beasiswa bagi anak berprestasi, TPL juga telah berkontribusi di bidang pendidikan dalam hal pembangunan gedung sekolah, penyediaan mobile sekolah, penyediaan komputer, pengadaan APE luar & dalam, serta pembangunan Sopo Baca Lestari di beberapa wilayah sekitar operasional perusahaan khususnya di Kabupaten Toba. 

Baca juga: Puncak Dies Natalis USU Program Ilmu Kehutanan, TPL bicara Silvikultur 4.0

Diungkapkan, awalnya para penerima beasiswa mengikuti seleksi yang ketat melalui prosedur seleksi berkas, ujian tulis, ujian wawancara, dan juga tes kesehatan dengan jumlah pesaing yang mendaftar sejumlah 60 orang dari seluruh Kabupaten Toba.

Sarah Simanjuntak, sebagai salah satu siswa penerima beasiswa yang berasal dari Desa Lumban Sitorus, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba mengaku sangat senang dan bangga menerima beasiswa ini. 

Anak ke-empat dari lima bersaudara ini mengatakan bahwa dia dan teman-temannya tidak menyangka mereka akan menerima beasiswa secara penuh dan dibiayai oleh TPL.

"Kami dibiayai untuk tiket pesawat ke Bandung, untuk SPP perkuliahan, dan kami juga diberikan uang saku selama kami menjalani perkuliahan kami," ucap Sarah.

Sarah juga mengatakan dengan adanya beasiswa ini menjadikannya lebih bersemangat lagi untuk belajar dan membuktikan bahwa dirinya dan teman-temannya mampu untuk bersaing dengan para pelajar lainnya di tempat ia menuntut ilmu. 

Sarah merasa beasiswa yang diterima olehnya dan teman-temannya merupakan bukti nyata bahwa TPL memang peduli terhadap masyarakat di sekitarnya, khususnya di bidang pendidikan.

"Selain itu, saya sangat bersyukur karena dimasa pandemi ini, yang kita tahu sangat susah untuk mendapatkan pekerjaan. Namun dengan adanya beasiswa dari PT TPL, kami dapat langsung bekerja diperusahaan ini," ujar Sarah dengan bangga.

Tarigan Rumapea, selaku orangtua dari Marisa Rumapea, seorang penerima beasiswa lainnya dari Desa Tangga Batu I, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba mengaku bahwa dirinya sangat terharu akan adanya beasiswa ini. 

Tarigan mengatakan bahwa dari segi ekonomi, dirinya merasa tidak mampu untuk menguliahkan putrinya. 

Bapak yang bekerja sehari-hari sebagai petani ini mengatakan bahwa putrinya yang juga merupakan Alumni Yayasan Bona Pasogit mendapatkan sebuah kesempatan yang sangat berharga sehingga dapat mengecap bangku perkuliahan hingga ke perantauan jauh disana.

"Saya sangat senang dan berterimakasih atas beasiswa yang diterima oleh anak saya. Kalau dari saya mungkin tidak bisa menguliahkannya apalagi sampai ke Bandung. Namun sekarang saya sudah tamat kuliahnya, bahkan sudah langsung bekerja dimasa yang sulit ini," ucap Tarigan.

Camat Parmaksian, Paiman Butarbutar mengatakan bahwa program ini merupakan terobosan yang luar biasa demi meningkatkan Indeks Prestasi Manusia di Kabupaten Toba. 

Paiman mengatakan bahwa siswa penerima beasiswa ini tidak hanya diseleksi secara akademis saja, tapi benar-benar dipilih dari yang terbaik untuk dapat membanggakan daerah asalnya.

"Harapan kami kedepan, PT TPL dapat terus berkontribusi dan tetap memperhatikan masyarakat disekitarnya. Kita berharap PT Toba Pulp Lestari meningkatkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat," ujar Paiman.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020