Wali Kota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan dan mewali Gubsu ass Riandy lubis menerima piagam (ANTARA/HO/Kominfo TT)
Tebing Tinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Tebing Tinggi gelar Focus Group Discussion (FGD) Prospek Ekonomi Kota Tebing Tinggi dan Louncing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Kamis (19/11) di Lantai 4 Balai Kota Tebing Tinggi.

Pemkot Tebing Tinggi melakukan MoU dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara tentang Pengembangan Ekonomi Daerah dan Keuangan Digital, Kamis (19/11).

Wali Kota H Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, COVID - 19 yang terjadi saat ini menyebabkan harus berpikir keluar daripada kebiasaan  yang ada selama ini.

Baca juga: MUI Tebing Tinggi beri pelatihan kepada juru sembelih halal

Bahwa berada pada situasi yang tidak normal. Tapi kita harus tetap eksis untuk menjalankan usaha dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan ini sejalan dengan perspektif ekonomi kita pada tahun 2021. Setelah melihat daripada perjalanan tahun 2020, ternyata berdasarkan pengamatan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa Tebing Tinggi ini bukanlah yang terparah ekonominya akibat pandemi COVID-19.

"Kita harus mengambil peluang - peluang daripada apa yang ada sekarang ini untuk kedepan. Artikatanya tidak ada sesama UMKM saling bersaing tetapi bekerjasama dalam meningkatkan daya saing," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara melalui Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumut H Riadil Akhir Lubis mengatakan, pandemi COVID-19 memaksa untuk melakukam penyesuaian berbagai segi kehidupan termasuk segi perdagangan, pembeli dan penjual.

"Penyedia dan pengguna jasa dipaksa untuk membatasi pertemuan dan bertransaksi secara langsung. Bahkan pameran-pameran UMKM yang mengumpulkan banyàk orang, yang selama ini menjadi andalan untuk mendatangkan pembeli dan insvestor juga terimbas, ujar Riadil Akhir.

Selain Pameran Tebingtinggi Expo Tahun 2020 secara virtual, kegiatan juga dirangkai dengan Louncing Mutrans (Mudah Bertransaksi) yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis jaket dan helm pertanda diresmikannya transportasi online tersebut. 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020