Harga cabai di pasar Medan terus bergerak naik akibat pasokan komoditas itu yang semakin berkurang akibat masa panen petani sudah lewat.

"Harga cabai merah memang terus naik. Paling murah Rp50.000 per kg karena pasokan ketat di tengah permintaan yang tetap stabil," ujar pedagang sayur-mayur di kawasan Setia Budi Medan, R br Nainggolan, Senin.

Nainggolan menyebutkan bahwa pedagang pengumpul kesulitan mendapatkan pasokan dan harga jual di tingkat petani juga naik akibat masa panen cabai merah belum masuk lagi.

Baca juga: Ada "es gak jelas" di Sibolga, tetapi penghasilannya jelas

Berdasarkan informasi pedagang pengumpul, ujar Nainggolan, harga cabai merah akan naik lagi yang didorong naiknya permintaan jelang Natal dan tahun baru.

Petani cabai merah di Kabupaten Deliserdang, Sumut, Yareli, membenarkan sedikitnya produksi cabai merah di Sumut. Produksi yang sedikit akibat habisnya masa panen cabai merah itu di sebagian besar daerah produksi.

"Panen cabai merah baru akan dimulai lagi pada Maret 2021," kata Yareli yang menjadi Ketua Kelompok Tani Juli Tani.

Yareli menyebutkan harga cabai merah yang menguntungkan petani adalah kalau harga jualnya di atas Rp20.000 per kg.

"Petani berharap harga cabai merah saat masa panen di Maret 2021 bisa tetap tinggi minimal di atas Rp20. 000 per kg di tingkat petani," katanya.

Sentra produksi cabai merah di Sumut antara lain di Deliserdang, Karo, dan Batubara.
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020