Selama masa pandemi COVID-19 ini sebagian warga Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dengan menggunakan polibag.

Suhayri (40), salah seorang warga Deliserdang yang ditemui, Rabu, mengatakan, ia sengaja memanfaatkan halaman rumahnya untuk bercocok tanaman yang jenisnya cepat panen, sekaligus melaksanakan anjuran pemerintah agar memanfaatkan pekarangan untuk bercocok tanam.

Berbagai jenis tanaman yang dapat dipanen dalam waktu singkat ia tanam seperti kangkung, sawi, cabai, dan jahe. Semua jenis tanaman itu ia tanam dalam polybag ukuran 20x30 cm.

"Luas pekarangan saya hanya seadanya, jadi memang tidak bisa terlalu banyak tanaman yang ditanam. Semua tanaman saya tanam di polibag," katanya.

Ditanya mengapa menggunakan polibag, ia mengatakan dengan polibag akan memiliki berbagai kemudahan, yakni tanaman bisa dipindah ke tempat lain jika dirasa tempat semula tidak cocok atau tidak mendapat sinar matahari.

"Alhamdulillah dari tanaman itu saya tak perlu lagi beli ke pasar, mau cabai tinggal petik, mau kangkung tinggal ambil. Hitung-hitung menjalankan anjuran pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020