Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, menggelar peringatan Hari Pariwisata dunia dengan tema "Tourism And Rural Development" bertempat di Wisata Kawan Lama, Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu.

Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar, di Lubuk Pakam, Senin, mengatakan, pihaknya mengharapkan wisata-wisata desa yang ada di 384 desa mampu mengikuti apa yang sudah diperbuat oleh beberapa desa di Kabupaten Deli Serdang dengan menyesuaikan potensi dan kondisi desa yang diarahkan oleh kepala desa.

Kabupaten Deli Serdang merupakan kabupaten yang mempunyai banyak potensi daerah terutama pada sektor pariwisata.

Baca juga: Polresta Deli Serdang terima penghargaan Promoter Reward pelayanan masyarakat

"Wilayah yang luas yang terdiri dari dataran tinggi, rendah dan pesisir dan SDM yang tinggi merupakan modal besar bagi pengembangan sektor pariwisata," katanya.

Peringatan Hari Pariwisata Dunia, kata dia, merupakan momentum bagi Pemkab Deli Serdang untuk menunjukkan bahwa pengembangan desa wisata merupakan fokus pembangun wisata dengan melibatkan komunitas masyarakat pariwisata, di mana target 1 desa wisata di 1 kecamatan harus terpenuhi sampai tahun 2024.

"Kami berharap Desa Denai Lama, Desa Pematang Johar serta Desa Punden Rejo dapat menjadi contoh bagi desa lain yang mampu menjadikan potensi desa menjadi objek wisata," katanya.

Ia mengatakan, ketika desa mampu memanfaatkan potensi yang ada, maka perekonomian masyarakat menjadi meningkat dan mengangkat derajat desa tersebut.

"Sehingga misi pemkab dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dalam mencapai struktur ekonomi yang kokoh berlandaskan keunggulan dan kompetitif dapat tercapai," demikian Ali Yusuf Siregar.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020