Wakil Ketua Komisi D DPRD Sumatera Utara, Edi Susanto Ritonga, mengatakan kepiawaian, terobosan, hingga semangat program pembangunan yang direalisasikan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan membuatnya sangat pantas untuk didukung menuju kursi Sumut 1 alias menjadi calon Gubernur Sumut di periode mendatang.

"Seorang pemimpin itu harus punya pemikiran brilian, visioner, dan bisa meningkatkan kepintaran warganya, semuanya ada dalam diri Pak Nikson," ujar Edi di tengah kunjungan kerjanya di Tarutung, Taput, Kamis (24/9).

Dia mengaku kagum akan pola pikir brilian serta visioner dari seorang sosok Nikson Nababan yang saat ini menjabat sebagai Bupati Taput.

Baca juga: Soal pungli di Disdukcapil Taput, ini tanggapan Bupati Nikson hingga warganet

"Konsep pemikirannya nasional, tidak lokal, mengarah pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Menurutnya, masyarakat harus jeli melihat sosok pemimpin yang benar-benar memiliki niat dalam membangun daerahnya.

"Sangat... sangat pantas maju jadi Sumut 1," tegas anggota Fraksi Partai Hanura DPRDSU itu.

Baca juga: Cegah sebaran COVID-19, Bupati Nikson wajibkan warga pakai masker hingga cek suhu tubuh

Keberadaan Edi di Tarutung merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Komisi D DPRDSU yang dipimpin Ketua Komisi Anwar Sani Tarigan bersama anggota komisi lainnya.

Kunjungan tersebut disambut hangat Bupati Nikson bersama para pimpinan OPD Pemkab Taput, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati.

"Gagasan-gagasan yang disampaikan Bupati Taput tadi adalah gagasan yang brillian. Dia ingin masyarakat Tapanuli memiliki universitas negeri agar masyarakat dan uang Taput tidak keluar. Kita sangat dukung itu, beberapa perwakilan dari fraksi sudah menyatakan dukungan. Pemprovsu, terkhusus DPRD Sumut agar mengeluarkan rekomendasi untuk itu," imbuh Edi.

Demikian halnya, gagasan lainnya terkait pembangunan jalan penghubung akses perekonomian dari Garoga-Labuhanbatu Utara, Garoga-Tapsel, dan jalan lintas yang tersedia saat ini, termasuk program nasional ketahanan pangan akan direalisasikan pada 2021.

Terpisah, Poltak Pakpahan, Ketua DPRD Taput mengapresiasi penilaian yang disampaikan Edi Susanto Ritonga, sebab kinerja Bupati Nikson Nababan memang dinilai sangat layak untuk diacungi jempol.

"Bukan karena beliau Ketua dan saya Sekretaris DPC PDI Perjuangan ya. Terobosan, cara kerja, belum lagi visi misi yang sudah dan sedang diwujudkan, beliau selaku kader layak disejajarkan dengan Wali Kota Risma, dan Gubernur Ganjar yang juga kader PDI Perjuangan," sebut politisi PDI Perjuangan itu.

Kata dia, hal tersebut tidak terlepas dari keberadaan kader partai banteng yang menjadi kepala daerah sering mendapatkan pelatihan soal bagaimana cara bekerja dan meningkatkan kemandirian hingga bisa berdiri di kaki sendiri.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020