Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mewajibkan setiap warganya untuk menggunakan masker saat keluar dari rumah hingga pengecekan suhu tubuh di setiap Posko Penanganan COVID-19 yang didirikan di setiap desa di seluruh wilayah Taput untuk mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.

"Seluruh warga wajib menggunakan masker. Tanpa masker tidak boleh ada yang melewati Posko Penanganan COVID-19 yang berdiri di setiap desa," terang Nikson saat melakukan peninjauan Posko Penanganan COVID-19 di desa-desa yang terletak di empat kecamatan di wilayah Pahae, Sabtu (25/4).

Bupati Nikson yang melakukan peninjauan bersama Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni Agus Widodo, dan Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen menyambangi 25 posko desa di Kecamatan Pahae Julu, Pahae Jae, Purba Tua, dan Simangumban.

Baca juga: Dana penanganan COVID-19 berkurang jadi Rp36 M, Sekdakab Taput: Dampak pemotongan anggaran pusat

Baca juga: Peduli penanganan COVID-19, Golkar bagikan masker, pembersih tangan hingga disinfektan

"Setiap posko harus membuat catatan administrasi yang baik. Warga yang melintas dari posko harus diperiksa suhu tubuhnya. Apabila ada warga maupun tamu yang datang dari zona merah agar segera dilaporkan kepada petugas untuk dilakukan isolasi mandiri," ujar Nikson.

Pada setiap posko desa yang ditinjau, Nikson menyampaikan arahan dan motivasi sekaligus membagikan tambahan masker dan bantuan logistik untuk memacu semangat relawan dalam menjalankan tugas penanganan COVID-19 dengan baik.

"Bantuan ini jangan dinilai dari harganya, tapi sebagai bentuk kebersamaan pemerintah dan seluruh elemen dalam memerangi penyebaran virus corona. Semoga bantuan ini bisa sebagai penambah semangat para petugas, jaga kesehatan dan selalu konsumsi makanan dan minuman kesehatan untuk immun tubuh kita," sebutnya.

Bupati Nikson bersama rombongan yang melakukan peninjauan dengan menaiki motor trail juga tetap mengimbau agar masyarakat menghindari keramaian, menerapkan physical distancing antara satu dengan yang lainnya.

"Sosialisasi dan imbauan ini perlu disebarluaskan agar masyarakat semakin paham akan cara dan upaya dalam memutus rantai penyebaran COVID-19," tukas Nikson.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020