Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan dan Pantas Maruba Lumbantobing dinyatakan sehat atau sembuh dari COVID-19.

Sebelumnya pasangan ini dinyatakan positif COVID-19 hasil swab dari RSU Adam Malik Medan, sehingga pendaftarannya ke KPU diwakilkan.

Namun setelah melewati masa isolasi dan proses penyembuhan, pasangan ini sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Hal itu berdasarkan tes swab PCR yang dilakukan di Laboratorium RS Bunda Thamrin, Selasa (15/9/2020).

Baca juga: DKPP tolak seluruhnya permohonan pengadu Thomson Pasaribu terhadap KPU Kota Sibolga

Usai menerima hasil tes swab, pasangan Jamal-Pantas kemudian menggelar konferensi pers lewat sambungan video conference dari Hotel Cambridge Medan.

“Alhamdulillah. Berdasarkan tes swab PCR yang dilakukan Laboratorium RS Bunda Thamrin, hasilnya negatif COVID-19,” ujar Jamaluddin Pohan.

Jamaluddin Pohan mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendoakan dan memberikan semangat kepada mereka untuk bisa melawan virus COVID-19.

Baca juga: Jumlah pasien positif COVID-19 di Sibolga terus bertambah menjadi 15 orang

“Terima kasih kepada masyarakat Kota Sibolga yang telah mendoakan kami untuk tetap kuat, terkhusus kepada tim pemenangan dan relawan Jamal-Pantas yang terus memberi semangat,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, setelah menerima hasil hari ini, mereka akan lanjut untuk pemeriksaan kesehatan bersama KPU pada Rabu (16/9/2020).

“Doakan kami supaya tes kesehatan besok dinyatakan sehat. Kemudian kepada simpatisan kami masyarakat Sibolga, terima kasih atas doanya. Begitu juga ucapan terima kasih kepada Ketua Nasdem Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang senantiasa peduli dan memberikan semangat kepada kami,” imbuh Jamaluddin.

Baca juga: Empat tenaga kesehatan di Puskesmas Aek Habil Sibolga positif COVID-19, Puskesmas ditutup

Sedangkan kepada seluruh tim, Jamal berpesan agar tetap semangat mendekati hati rakyat dan jangan menebar fitnah.

“Biarkan mereka memfitnah kita, biarkan mereka membully kita. Asal kita jangan memfitnah mereka dan jangan pula membully mereka. Biarkan mereka berkata apa. Semoga Allah membukakan pintu hati mereka, mengampuni mereka dan memberikan kita ladang pahala,” seru Jamaluddin.

Dia menambahkan, dengan hasil tes swab PCR yang negatif, bukan berarti bisa dengan leluasa beraktivitas seperti dulu, tentu ada batasan yang dilakukan, yakni menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pada kesempatan yang sama, Pantas Maruba Lumbantobing mengaku senang melihat teman media, karena semuanya dalam keadaan sehat.

“Hasil tes swab PCR dari laboratorium RS Bunda Thamrin menyatakan bahwa kami berdua hasilnya negatif. Semoga hasil ini bisa membawa kita kepada tahapan berikutnya yang diselenggarakan oleh KPU,” terang Pantas.

Dia menambahkan, hasil ini juga tak terlepas dari dukungan moral dan doa masyarakat maupun dari seluruh tim dan relasi Jamal-Pantas.

“Terlebih kepada keluarga yang selalu setia, sehingga kita bisa merawat diri meningkatkan imun tubuh selama menjalani masa isolasi 12 hari, dan hasilnya negatif,” ucapnya.

Dia berharap, setelah tahapan pemeriksaan kesehatan beberapa hari lagi, mereka dapat kembali bersama berjuang untuk memenangkan Pilkada Sibolga, 9 Desember 2020.

“Kami mengimbau kepada seluruh tim agar taat dan patuh terhadap protokol kesehatan,” tandasnya.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020