Ismail Husein Siregar, diusianya yang ke 29 (tepatnya 22 April 1991) berhasil meraih gelar Doktor (S-3). Ia salah satu putera terbaik kelahiran Kota Padangsidimpuan, dan masuk Doktor termuda.

Prestasi alumni HMI Cabang Padang Sidempuan ini ia dapatkan setelah mengikuti sidang senat promosi doktor terbuka pada Program Studi Doktor Ilmu Matematika di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 02 September 2020.

"Selaku alumni, kami HMI patut berbangga dan mengucapkan selamat kepada beliau," Roni Marwan, Wakil Bendahara Umum PB HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) dari Jakarta yang menghubungi ANTARA di Sipirok, Rabu (2/9).

Dia mengatakan, sidang senat tersebut digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom ini dibuka Rektor USU Prof.Dr.Runtung, SH, M.Hum dihadiri Prof.Dr.Herman Mawengkang, Prof. Dr. Saib Suwilo, M.Sc dan Dr. Mardiningsih, M.Si sebagai Promotor dan Co-Promotor.

Sementara tim penguji anak pasangan dari Gandani Siregar (ayah) dan Norma Lena Sari Harahap (ibu)Prof. Dr. Tulus, M.Si dan Dr. Hamidah Nasution, M.Si, predikatnya sangat memuaskan dengan IPK 3,95.

"Ismail Husein juga merupakan Dosen PNS di UIN Sumatera Utara, Medan, ia juga aktif sebagai aktifis di berbagai organisasi bahkan pernah tercatat Ketua HMI Cabang Padang Sidempuan di 2012, dan beberapa organisasi lainnya," ungkapnya.

Promotor juga, kata dia, menyampaikan penelitian disertasi dengan judul: "Model Penyebaran Penyakit Menular pada Jaringan Dinamis dengan adanya vaksinasi harus terus dikembangkan."

"Ismail tercatat sebagai dosen yang aktif menulis, beberapa tulisannya sudah terbit di beberapa jurnal internasional bereputasi dan bahkan sudah menerbitkan 10 Buku yang ber ISBN yang berkaitan dengan Matematika," kata Roni.

Pada tahun 2020, Ismail Husein juga tercatat sudah menerbitkan 5 artikel di Jurnal Internasional bereputasi terindeks scopus, tambahnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020