Jalan protokol Panyabungan kerap menjadi langganan banjir terutama pada musim penghujan tiba. Untuk mengantisipasi banjir tersebut, Pemerintah Daerah pun sudah berulang kali melakukan perbaikan seadanya.

Meskipun sudah dilakukan perbaikan kawasan pusat ibu kota Kabupaten Mandailing Natal itu selalu menjadi langganan banjir apalagi pada musim penghujan.Untuk mengantisipasi hal itu, Bupati Mandailing Natal, Drs Dahlan Hasan Nasution mengusulkan pengalihan status jalan dari jalan nasional menjadi jalan  kabupaten.

"Salah satu solusi untuk mengatasi perbaikan dan penanganan banjir di pusat ibu kota Kabupaten Madina itu adalah pengalihan status jalan. Sebab, status jalan protokol di kawasan Panyabungan tersebut adalah jalan provinsi," sebut Bupati kepada wartawan, Senin (17/08).

Baca juga: Bupati Madina dukung program "Jempol Ramah" BPN

Bupati menyebut, Pemkab Madina tidak dibolehkan menggunakan APBD Madina untuk memperbaiki saluran air di kawasan jalan protokol Panyabungan karena bukan jalan protokol melainkan jalan Nasional.

“Status jalan bukan jalan kabupaten. Jadi kita terbatas melakukan penanganannya, dan kita tidak diizinkan melakukan perbaikan saluran air karena status jalan nasional itu. Kecuali bila status jalannya kabupaten tentu akan kita tuntaskan perbaikannya," ujarnya.

Baca juga: Bupati Madina ajari kaum ibu Bukit Malintang membuat selai durian

Bupati mengatakan, sebagai gantinya Pemerintah Kabupaten Madina menyiapkan status jalan lintas timur yang merupakan jalan kabupaten.

“Jalan lingkar timur statusnya jalan kabupaten. Bisa saja dialihkan jadi jalan provinsi dan jalan protokol pusat kota dialihkan jadi jalan kabupaten. Pengalihan status dua jalan ini. Tujuannya agar perawatannya bisa lebih baik,” pungkasnya.

Di sisi lain, Bupati mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Karena dari genangan air tersebut banyak ditemukan bangkai perabot rumah tangga yang dibawa arus banjir.

“Tadi kita lihat banyak sekali sampah warga yang dibawa arus air. Warga harus sadar dan tidak boleh membuang sampah sembarangan, kita perbaiki pun kalau warga tetap buang sampah sembarangan tetap juga akan jadi langganan banjir. Karena itu saya minta warga agar buang sampah pada tempatnya,” pesannya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020