Pemerintah kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, berharap petani di daerah itu terus melakukan berbagai inovasi sehingga hasil panen dapat terus maksimal.

Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, di Seirampah, Rabu, meminta para petani terus meningkatkan kelembagaan usahanya dengan inovasi serta terobosan-terobosan baru guna meningkatkan kesejahteraan petani.

"Untuk meningkatkan hal tersebut maka mari kita melanjutkan pembangunan pertanian secara bersama-sama dan tetap mengedepankan budaya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai terus dorong pengembangan UMKM

Hal itu ia katakan terkait panen raya padi organik oleh Gapoktan Tani Sepakat  di Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu.

Ia mengungkapkan dirinya sangat berterima kasih kepada Gapoktan Tani Sepakat yang berhasil melakukan panen padi organik yang ia nilai cukup baik dan potensial untuk dikembangkan.

"Konsumsi padi organik yang sehat merupakan salah satu upaya menghindarkan kita dari penyakit yang berasal racun insektisida dari makanan. Sehingga dengan adanya produk pertanian semacam ini dan jika dikembangkan lebih luas lagi, niscaya dapat berdampak baik bagi kualitas konsumsi penduduk," katanya.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai komitmen tingkatkan kualitas literasi siswa

Perihal infrastruktur pertanian, ia menyebutkan jika para petani mengetahui bahwa sejak reformasi rata-rata bangunan intake bendungan lebih tinggi dari aliran sungai. 

Hal ini tentu menjadikan aliran air sulit menuju areal persawahan petani di Sergai. Maka pada tahun 2005, persoalan nomor satu yang diselesaikan adalah bagaimana cara agar petani Sergai dapat melangsungkan panen padi.

"Kemudian hal itu ditindaklanjuti dengan dibangunnya DAM Sei Ular senilai 275 miliar yang dapat mengairi ribuan hektar lahan petani," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020