Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, berkomitmen meningkatkan kualitas literasi khususnya di kalangan siswa yang ditandai dengan diresmikannya Pondok Literasi dan Taman Edukasi di SMPN 4 Kecamatan Tanjung Beringin.

Bupati Serdang Bedagai Soekirman di Seirampah, Rabu, menyatakan bangga sekolah-sekolah di Kabupaten Serdang Bedagai  berinovasi di bidang literasi dengan didirikannya pondok literasi di atas areal persawahan.

Hal tersebut menjadi pengalaman menarik bagi siswa, sejalan dengan suasana persawahan yang tenang dan nyaman, maka peningkatan literasi akan semakin efektif.

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Sergai bertambah menjadi 12

"Selain itu dengan adanya taman edukasi akan memberikan pembelajaran bagi siswa untuk mencintai tanaman yang ada di sekitarnya. Ini seiring dengan komitmen pemkab dalam upaya meningkatkan literasi khususnya di kalangan siswa," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan pentingnya kesadaran akan peran agama dalam kehidupan dan kenyamanan beribadah merupakan salah faktor pendukung utama.

Atas dasar itu ia merasa bangga atas kesempatan yang diberikan pihak sekolah untuk memberikan nama pada mushalla yang didirikan di sekitar pondok literasi itu.

Baca juga: Pemkab Sergai apresiasi hadirnya pabrik pengolahan ikan patin

"Dengan ini saya namai musholla kebanggaan kita dengan nama Musholla Beriman. Diharapkan nantinya para siswa memiliki jiwa sesuai dengan nama musholla itu," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Serdang Bedagai Drs Joni Walker Manik mengatakan berdirinya Pondok Literasi dan Taman Baca itu merupakan kebanggaan bagi jajaran Dinas Pendidikan dan para pelajar khususnya SMPN 4 Tanjung Beringin.

Jajaran Dinas Pendidikan juga terus menggalakkan program Green, Clean and Life yang salah satunya dilaksanakan di SMPN 4 Tanjung Beringin yang awalnya sekolah itu termasuk gersang dan tidak menarik.

"Dengan bimbingan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan maka para Kepala Sekolah yang ada di Serdang Bedagai diminta berlomba untuk berbuat kreatif dan inovatif dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, serta kenyamanan belajar bagi siswanya," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020