Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah itu untuk terus berkembang dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya di Seirampah, Rabu mengatakan Pemkab sangat mendukung penuh kegiatan UMKM yang dilakukan oleh masyarakat demi meningkatkan perekonomian masyarakat agar hidup lebih sejahtera.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai komitmen tingkatkan kualitas literasi siswa

Seperti yang yang dilakukan oleh Kelompok Jamur Tiram Domas (Jatiramdo) di Desa Blok 10, Kecamatan Dolok Masihul. Kelompok itu berhasil mengembangkan budidaya jamur tiram.

"sangat luar biasa, saya sangat bangga kepada Kelompok Jatiramdo yang membangun budidaya jamur tiram di wilayah Dolok Masihul. Selain budidaya, saya juga melihat keberhasilannya membuat tempat pelatihan budidaya jamur dan menjual benih jamur atau Baglog siap pakai

Ia mengatakan apa yang sudah dilakukan Kelompok Jatiramdo merupakan salah satu bentuk usaha yang dapat diandalkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca juga: Sergai satukan persepsi sektor pariwisata jelang normal baru

Selain kreativitas dan inovasi, budidaya jamur tiram sebagai upaya dalam menjaga ketahanan pangan di "Tanah Bertuah Negeri Beradat" tersebut.

"Sangat wajar jika kami mendukung dan mengapresiasi Kelompok Jatiramdo yang telah berhasil mengembangkan budidaya jamur tiram di tengah masyarakat. Pemkab akan terus mendukung berbagai UMKM untuk terus maju dan berkembang," katanya.

Sementara pembina Kelompok Jatiramdo, Edi Perianto, mengatakan bahan dasar untuk membudidayakan jamur mudah didapatkan karena menggunakan serbuk gergajian kayu.

"Sedangkan peluang pasarnya sendiri masih terbuka lebar asal kita jeli dalam melihat pasar," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020