Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terus berupaya meningkatkan kapasitas kader Posyandu yang ada di daerah itu di antaranya dengan memberikan berbagai pelatihan.

Bupati Serdang Bedagai, Soekirman di Seirampah, Selasa (28/7), mengatakan, peningkatan kader Posyandu sangat penting karena peran kader Posyandu  dalam memberikan pelayanan khususnya pada balita.

"Kader Posyandu sebagai perpanjangan tangan Puskesmas dalam memantau tumbuh kembang anak harus berperan lebih aktif untuk menciptakan generasi muda yang lebih produktif. Itu mengapa kapasitas kader Posyandu terus berupaya kita tingkatkan," katanya.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai komitmen tingkatkan kualitas literasi siswa

Ia mengatakan kader Posyandu adalah anggota masyarakat yang bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan pelayanan bagi masyarakat.

Kader Posyandu merupakan penggerak pembangunan khususnya di bidang kesehatan di wilayah keberadaan Posyandu tersebut masing-masing.

"Keberadaan kader Posyandu diharapkan dapat melakukan pendaftaran, yang meliputi pendaftaran balita, ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui, dan sasaran lainnya serta menyelenggarakan pelayanan kesehatan ibu dan anak di setiap desa di Serdang Bedagai," katanya.

Baca juga: Gugus Tugas Sergai lakukan upaya preventif di lokasi kerja

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Serdang Bedagai Marliah Soekirman mengemukakan bahwa Posyandu merupakan langkah yang cukup strategis dalam rangka peningkatan kualitas SDM Indonesia dalam upaya membangun Indonesia yang sehat.

Manfaat dari Posyandu bagi masyarakat adalah memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi anak balita, ibu, pertumbuhan anak balita terpantau, sehingga tidak menderita kurang gizi atau gizi buruk.

"Sedangkan manfaat bagi kader adalah mendapatkan berbagai informasi kesehatan lebih dahulu dengan lengkap dan ikut berperan nyata dalam tumbuh kembang anak balita dan kesehatan ibu," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020