Siti Trisnani, mahasiswi semester II Prodi Penyuluhan Perkebunan Presisi Polbangtan Medan mengaku senang bisa membantu petani dimasa pandemi COVID-19.

"Karena selain memperdalam ilmu juga bagian dari tugas akademik sekaligus menjalankan amanah Kementerian Pertanian semasa COVID-19," kata Siti yang menghubungi di Medan, Selasa (7/7).

Petani sawah yang dia dampingi bernama Sandi, di daerah tinggalnya di Desa Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Mulai mencabut hingga menanam bibit padi.

Baca juga: Mahasiswa Polbangtan Medan panen raya padi di Namorambe

Baca juga: Mahasiswa Polbangtan Medan sadap dan panen karet warga Banyuasin

Sistem tanam yang mereka lakukan jajar legowo. Karena sistem ini kata Siti merupakan sistem pertanian cerdas iklim (CSA). Hasil panennya bisa maksimal.  

Menurut dia, sebagai generasi bangsa (Polbangtan) harus memiliki peranan besar dalam mengembangkan dunia pertanian dimana praktek dan teori harus berjalan beriringan.

Alasan dia senang bisa membantu petani karena sudah ikut andil dalam melaksanakan kemakmuran sektor pertanian agar tumbuh dan berkembang maju di negara ini sesuai target pemerintah.

Dia menyatakan dimasa pandemi COVID-19 yang sedang terjadi sekarang ini seluruh mahasiswa Polbangtan Medan harus ikut turut serta melakukan pendampingan kepada petani dalam rangka melaksanakan kinerja Kementerian Pertanian.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020