BMKG Deliserdang, Sumatera Utara, memasang alat pendeteksi dini gempa dan tsunami atau Warning Receiver Sytem (WRS) New Generation di Kantor Bupati Tapanuli Utara.

Kepala Stasiun Geofisika Deliserdang, Teguh Rahayu yang dihubungi dari Medan, Jumat, mengatakan, pemasangan Warning Receiver System New Generation atau disingkat WRS New Gen di Kantor Bupati Tapanuli Utara merupakan peralatan penerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami berupa smart display.

Baca juga: BMKG Deliserdang pasang alat pendeteksi gempa terbaru di pantai timur

Baca juga: BMKG Deli Serdang survei lanjutan pemasangan digital accelograph

Pemasangan WRS New Gen di Kabupaten Tapanuli Utara merupakan lokasi keempat dari 11 rencana pemasangan WRS New Gen di Sumatera Utara.

Wilayah Tapanuli Utara sendiri dari sisi kegempaan merupakan daerah yang sangat aktif. Gempa bumi di wilayah itu umumnya terjadi disebabkan aktivitas patahan lokal Renun A.

"Hal ini menggambarkan pentingnya smart display yang diharapkan akan memberikan respon cepat untuk informasi dini gempa bumi dan tsunami kepada pemangku kepentingan," kata wanita yang biasa disapa Ayu tersebut.

Ia mengatakan, dalam pemasangan WRS New Gen itu, tim teknis BMKG Deliserdang langsung diterima oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tapanuli Utara Bonggas Pasaribu, SPT dan Sekretaris BPBD Kabupaten Tapanuli Utara, Febrina.

Kepala Pelaksana BPBD Tapanuli Utara Bonggas Pasaribu dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada BMKG atas bantuan peralatan WRS New Gen tersebut.

"Dengan adanya alat itu tentunya kita akan lebih cepat mengetahui jika adanya gempa bumi, sehingga dengan demikian diharapkan dapat meminimalisir korban jiwa," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020