Personel Polres Tanjung Balai mengikuti tes cepat COCID-19I dalam rangka Operasi (Ops) Aman Nusa II Toba 2020 yang dipimpin langsung oleh Kapolres Tanjung Balai Yudha Prawira.

Kapolres Tanjung Balai AKBP Putu Yudha Prawira, dalam keterangannya diterima di Medan, Kamis, mengatakan jumlah seluruh personel yang melaksanakan tes cepat tersebut sebanyak 100 orang.

Ia menyebutkan rangkaian proses tes cepat yang dilaksanakan, yaitu pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan alat Termo Scan, pengisian daftar absensi dengan melampirkan KTP, dan pengambilan sampel darah.

Baca juga: RS PHC Medan sudah melayani uji usap PCR COVID-19

Pemeriksaan cepat melalui sampel darah yang diambil tersebut, dan dalam waktu 15 menit hasilnya akan diketahui peserta tes.

"Petugas tes cepat ini dari Dinas Kesehatan Pemkot Kota Tanjung Balai dan petugas kesehatan Klinik Polres Tanjung Balai," ujarnya.

Prawira menjelaskan alat yang digunakan dalam pemeriksaan cepat, yakni Pen Stig, Strel Lancet, Cairan Anti Body Test, dan Sars CoV-2 Anti Body Test.

Sementara itu, Dokter Klinik Polres Tanjung Balai dr Suri Mahdalela, dan Ketua Gugus COVID-19 Kota Tanjung Balai H Yadi Arianto menerangkan hasil tes cepat COVID-19 dengan rincian 100 personel yang diperiksa hasilmya noneeaktif.

"Keterangan di alat tes cepat COVID-19 yakni Garis- di C nonreaktif, Garis-di T alat Rusak, dan Garis- di C dan T reaktif," ujarnya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020