Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan akan tetap mengawasi ketat para pemudik Lebaran yang masuk ke wilayah ini secara ketat.

"Tujuannya mengantisipasi penyebaran corona virus atau COVID-19," kata Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu, Jumat (22/5).

Tiga titik posko COVID-19 arah pintu masuk Tapanuli Selatan yakni batas dengan Mandailing Natal, Batas dengan Tapanuli Tengah, dan menuju Padang Lawas Utara di jaga petugas.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, Bupati - Kapolres - Dandim Tapsel imbau masyarakat untuk jaga jarak

"Sejumlah personel dari Kepolisian, TNI, Petugas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan BPBD bertugas 24 jam, bahkan sudah berbulan," jelasnya.

Petugas petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan yang dilengkapi alat tes suhu badan, penyemprotan disinfektan, wadah cuci tangan pakai sabun disiapkan setiap posko.

"Selain Posko COVID-19, dalam mengantisipasi arus mudik juga mendirikan Pos Pengamanan Ketupat Toba 2020 bersama Polres Tapanuli Selatan dengan melibatkan TNi," katanya.

Baca juga: Kapolres - Bupati - Dandim Tapanuli Selatan pantau Pos Pam ketupat toba 2020

Tujuannya dari posko-posko itu untuk memberikan kenyamanan serta menjaga kesehatan bagi pemudik yang melintasi wilayah Tapanuli Selatan.

"Keberadaan Posko dan Pos Pengamanan ini tidak lepas sinergitas yang baik antara Pemkab, Kepolisian, dan TNI," tegasnya.

Lebih jauh Bupati berharap kiranya untuk musim Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah Tahun 2020 ini berjalan aman dan lancar sesuai harapan.

"Terlebih setiap desa juga telah kita imbau di tengah musim Lebaran untuk tetap peka terhadap perubahan di masyarakat terkait COVID-19 dengan tetap jarak," tandasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020