Ratusan ribu serangga Kumbang Lembing menyerang sebagian pemukiman warga Kota Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu dalam seminggu terakhir. Hewan itu kerap muncul mendekati sumber cahaya lampu rumah dan penerangan jalan inti kotasekira pukul 06.30 petang, usai berbuka puasa.

"Ya, sudah hampir seminggu serangga Lembing ini datang. Awalnya hanya sedikit, tetapi semakin bertambah tiap hari," kata Indra Dharma Warga Kecamatan Bilah Barat, di Rantauprapat, Minggu (10/5) malam.

Baca juga: Menit Pemkab Labuhanbatu bagikan bahan pangan

Baca juga: BNI sebar 125 ribu paket bahan pokok

Tidak semua pemukiman terdampak hewan berbentuk oval hitam sejenis kumbang ini. Warga mencoba mengusir dengan menyemprotkan racun serangga, namun kembali datang menempel di dinding hingga lantai.

Sejumlah pemukiman terlihat mematikan penerangan untuk menghentikan sebaran serangga beraroma khas menyengat itu. Mereka berkoloni menjangkau warung makan, pertokoan sehingga menganggu aktifitas perdagangan warga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, hama kecil dengan nama ilmiah scotinophara coarctata ini sering aktif di malam hari dan menyerang tanaman padi. Munculnya ribuan serangga kemungkinan dipengaruhi intensitas curah hujan dalam dua pekan terakhir di Kabupaten Labuhanbatu.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020