Untuk mencegah penularan COVID-19, Pemkot Tanjungbalai menerapkan pemeriksaan kesehatan bagi setiap orang yang masuk/datang ke daerah setempat dengan mendirikan Posko di empat titik pintu masuk kota.

Empat posko yang didirikan yakni, posko Jalan Jend Sudirman Km 7 sebagai pintu masuk utama ke Kota Tanjungbalai, Posko  Titi Tabayang perbatasan dengan Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan.

Baca juga: Polres Tanjungbalai ringkus tersangka pembacok wartawan

Baca juga: 20 TKI ilegal dikarantina di Tanjungbalai untuk cegah sebaran COVID-19

Kemudian, Posko Jalan D.I. Panjaitan (Bondang) yang berbatasan dengan Desa Air Joman Kabupaten Asahan, serta Posko Jalan Besar Teluk Nibung yang berbatas dengan Desa Bagan Asahan, Kabupaten Asahan.

Wali Kota Tanjungbalai,H.M Syahrial yang juga Ketua Gugus Tugas COVID-19 mengatakan, petugas Posko adalah gabungan personel dari Kepolisian, Kodim 0208/AS, Medis, Dishub dan Satpol PP akan melakukan periksaan terhadap orang dan seluruh kendaraan berasal dari luar daerah yang ingin masuk Kota Tanjungbalai.

Dengan menggunakan Digital Thermometer tim medis dari Puskesmas akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengemudi dan penumpang. Almat dan asal serta tempat tujuannya juga dicatat.

"Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan dari Pemkot Tanjungbalai terhadap penyebaran COVID-19 yang mungkin saja ditularkan orang berasal dari luar daerah," ujar H.M Syahrial.

Ia melanjutkan, walaupun saat ini belum ada warga Tanjungbalai terdeteksi positif COVID-19, namun seluruh masyarakat tetap waspada, mengikuti imbauan pemerintah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

"Menggunakan masker saat berada diluar rumah, menghindari kerumunan dengan tetap menjaga jarak fisik,mencuci tangan dengan bersih dan berolahraga serta makan makanan bergizi merupakan cara untuk mencegah tertular COVID-19," katanya.

Ditambakan, untuk kebaikan bersama dan dalam utuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, kepada petugas medis dan  lainnya yang melaksanakan tugas di Posko juga diimbau untuk tetap menjaga kesehatan, tetap semangat, saling berkoordinasi dan membantu.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020